Senin, 1 Maret 2021

Risma dan Khofifah Kompak Ajak Makmurkan Masjid di Bulan Ramadhan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim dan Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya menghadiri Megengan Kubro di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Juamt (3/5/2019). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya menggelar “Megengan Kubro” bersama Pemerintah Kota Surabaya dan Pemprov Jatim. Turut hadir Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim dan Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya.

Megengan atau tradisi sedekah di bulan Sya’ban untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah. Dalam “Megengan Kubro” ini telah disiapkan 21 ribu kue apem yang diharapkan bisa memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

Dalam rangkaian Megengan Kubro ini juga ada agenda pelantikan pengurus Masjid Nasional Al Akbar Surabaya periode 2019-2024.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya dalam sambutannya mengatakan, Masjid Nasional Al Akbar Surabaya dibangun dari uang rakyat yang harus digunakan bersama-sama.

“Alhamdulillah kita punya masjid besar, kita harus makmurkan bersama-sama. Jangan malah membikin masjid sendiri-sendiri. Masjid ini harus dibuka untuk semuanya, untuk semua umat muslim yang bersaudara,” kata Risma.

Risma juga berharap, masjid ini menjadi tempat syiar yang baik dan mengajarkan akhlak yang baik kepada anak-anak generasi mendatang.

“Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi semua muslim, bisa makmur, bisa untuk umat tidak ada yang sungkan masuk sini,” katanya.

Pernyataan seiring juga datang dari Khofifah Indar Parawansa Gubenur Jatim. Menurutnya, masjid ini harus menjadi tempat seluruh warga mengenal Islam rahmatan lil alamin. Masjid ini harus menjadi sinar bagi kehidupan masyarakat, Surabaya, Jatim dan Indonesia.

“Jadikan masjid ini tempat seluruh warga masyarakat dalam mengenal Islam, bagaimana mengenal ahlak, Islam rahmatan lil alamin. Semoga ini menjadi sinar bagi kehidupan masyarat Surabaya, Jatim dan bangsa Indonesia. Mohon amanah ini bisa dilaksanakan sebaik-baiknya,” katanya.

Dalam seremonial ini juga ada pelepasan 99 balon kebaikan Ramadhan dengan pemukulan bedug yang dilakukan Gubernur Jatim dan Wali Kota Surabaya. (bid/iss/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Truk Terguling di Prigen

Terguling dan Muatannya Tumpah

Surabaya
Senin, 1 Maret 2021
31o
Kurs