Minggu, 28 April 2024

Risma dan Ribuan Pelajar Kumpulkan 14 Ton Sampah dari Kaki Jembatan Suramadu

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya bersama 10 ribu lebih pelajar membersihkan sampah di kaki Jembatan Suramadu sisi Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya bersama sekitar 10.500 orang yang terdiri dari pelajar SD, SMP, SMA, BUMD, BUMN, TNI, Polri dan jajaran Pemerintah Kota Surabaya menggelar kerja bakti massal di pesisir utara Surabaya, Jumat (1/3/2019). Aksi bersih-bersih sampah di Pantai Kenjeran ini untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019 yang sejatinya diperingati pada Minggu (24/2/2019) lalu.

Bersih-bersih pantai itu dimulai dari sebelah barat kaki Jembatan Suramadu sisi Surabaya hingga di pesisir pantai THP Kenjeran. Aksi bersih-bersih itu dibagi dalam tujuh zona yang mana setiap zona ada pelajar dan jajaran BUMD serta BUMN dan juga jajaran Pemkot Surabaya. Mereka semuanya membaur membersihkan sampah yang ada di pesisir pantai.

Meski kondisi kakinya belum sembuh total, Wali Kota Risma memimpin bersih-bersih di kaki Jembatan Suramadu sisi Surabaya. Bahkan, ia juga memimpin penataan batu-batu di bibir pantai.

Eri Cahyadi Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya mengatakan, lokasi ini memang sengaja dipilih untuk aksi bersih-bersih karena sebentar lagi kawasan ini akan menjadi destinasi wisata baru di Kota Surabaya.

Selain itu, kata Eri, tempat ini dipilih karena untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa tidak boleh buang sampah sembarangan, terutama nanti apabila sudah menjadi destinasi wisata.

“Kegiatan ini selaras dengan Hari Peduli Sampah Nasional dengan tema kurangi sampah plastik. Ini untuk mengedukasi masyarakat, kalau ini jadi destinasi wisata kan harus bersih dari sampah,” katanya, disela bersih-bersih di lokasi.

Eri mengatakan, hasil sampah yang terkumpul setelah ditimbang totalnya mencapai 14 ton lebih atau sekitar 14.641,6 kilogram. “Sampah itu kemudian diangkut ke TPA Benowo menggunakan truk sampah,” katanya. (bid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs