Jumat, 29 Maret 2024

SMAK St Louis 1 Surabaya Ukir Prestasi Internasional

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Tim SMAK St Louis 1 Surabaya bersama perwakilan BSN setiba di bandara Soekarno Hatta dari Korea Selatan menggondol medali perunggu Olimpiade Standardisasi Internasional. Foto: Istimewa

Tim SMAK St Louis 1 Surabaya mewakili Indonesia berhasil membawa pulang medali perunggu pada The 14th International Standards Olympiad yang digelar di Anseong, Korea Selatan.

Olimpiade tahunan tersebut diselenggarakan oleh Korean Agency for Technology and Standards (KATS) bekerja sama dengan Korean Standards Assosiation (KSA) dan The Korean Federation of Technology Education Society di Anseong, Korea Selatan.

Tim SMAK St Louis 1 Surabaya ini merupakan juara Kompetisi Standardisasi Nasional (KSN) untuk Tingkat SMA/SMK Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Para siswa-siswi dari SMAK St. Louis 1 Surabaya yang bertarung di Korea Selatan tersebut terdiri dari Maharani Ayu Putri Irawan, Evan Leonard, dan Tiffany Lindsay Silamurti.

Prestasi yang diraih sangat membanggakan Indonesia karena mampu menempati peringkat ketiga dalam kategori High School. Negara yang berpartisipasi dalam The 14th International Standards Olympiad antara lain Indonesia, Malaysia, Cina, Peru, Ekuador, Singapura, Jepang, dan Kenya.

“Kami merasa bangga atas prestasi yang diraih oleh Tim Indonesia dalam ajang bergengsi ini. Kami berharap agar prestasi yang mereka raih ini bisa menjadi pemacu semangat bagi para siswa di Indonesia untuk mendalami standardisasi dan penilaian kesesuaian,” terang Yopi Kepala Pusat Riset dan Pengembangan SDM BSN, saat menyambut kedatangan Tim Indonesia di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Pada hari pertama olimpiade, para peserta mendapatkan kuliah tentang example of international standard untuk lebih memperkuat pemahaman peserta tentang standar internasional.

Dalam olimpiade tersebut, para peserta diminta untuk membuat standar internasional yang berjudul: Robots for household use performance criteria and related test methods for dry vacuum cleaning robot.

Mereka dituntut untuk dapat menyelesaikan penyusunan standar dalam waktu 8 jam. Setelah itu mereka harus mempresentasikan hasil yang mereka buat.

Sejak tahun 2014, Indonesia melalui BSN telah berpartisipasi dalam The International Standards Olympiad dengan mengirimkan pelajar-pelajar Indonesia yang berprestasi sebagai peserta.

Sejak saat itu, tim dari Indonesia telah menorehkan prestasi yang membanggakan yaitu meraih Medali Emas dan Perak tahun 2014, Medali Perak dan Perunggu pada tahun 2015, Medali Emas dan Perunggu pada tahun 2016, serta Medali Perunggu pada tahun 2017.

Untuk menjaring kandidat peserta International Standards Olympiad, BSN menyelenggarakan Kompetisi Standardisasi Nasional Tingkat SMA/SMK pada April dan Mei 2019.

Dalam menyiapkan tim untuk menghadapi The 14th International Standards Olympiad, BSN bekerjasama dengan PT. Kota Cerdas Indonesia, telah memberikan bimbingan tentang pemanfaatan teknologi yang telah berbasis pada IOT (Internet of Things).

Melalui Kompetisi Standardisasi Nasional serta partisipasi dalam The International Standards Olympiad, diharapkan mendorong anak-anak muda untuk lebih mengenal standar dan berperan dalam pengembangan standardisasi di Indonesia.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs