Kamis, 25 April 2024

SMEE Marinir Indonesia dan Amerika Ditutup

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penyerahan cinderamata secara simbolik dilakukan pada penutupan latihan bersama Marinir Indonesia dengan Amerika. Foto: Dispen Kormar

Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) Komandan Korps Marinir yang diwakili Kolonel Marinir Agus Gunawan Wibisono, S.H., M.M., Komandan Brigif 2 Marinir, Jumat (14/6/2019) secara resmi tutup latihan bersama Marinir Indonesia dan Amerika, pada Subject Mather Expert Exchange (SMEE) di Markas Yonif 3 Marinir Gedangan, Sidoarjo.

Dalam amanatnya yang dibacakan Komandan Brigif 2 Marinir, Komandan Korps Marinir mengatakan, selama empat hari telah melaksanakan kegiatan latihan bersama mengenai Non Combatant Evacuations Operations (Neo) dan Raid Response Planning Process (R2P2) di Kesatrian Marinir R. Suhadi Gedangan, Sidoarjo.

Menurut Dankormar, seluruh rangkaian kegiatan dan materi latihan yang disiapkan oleh panitia penyelenggara, dapat diselesaikan dengan baik sesuai jadwal dan sasaran yang direncanakan.

Oleh karena itu, Dankormar menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta latihan, khusus kepada prajurit Korps Marinir Indonesia agar pengalaman dan materi yang telah diperoleh dari kegiatan latihan bersama tersebut dapat diaplikasikan dan dipertajam kembali di Satuan masing-masing sebagai upaya peningkatan profesionalisme prajurit Korps Marinir dalam rangka mendukung tugas pokok satuan.

Orang nomor satu di Korps Marinir itu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Amerika Serikat dalam hal ini ODC atas kerjasama dan perencanaan yang telah dilaksanakan sehingga latihan bersama dapat berjalan sesuai harapan, ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Mabesal dalam hal ini Sopsal, atas dukungan dan perhatiannya dalam penyenggaraan latihan.

Kepada Delegasi United States Marine Pasific (US MARFORPAC), Dankormar mengucapkan selamat jalan, semoga selamat kembali ke Satuan induk, sampai bertemu kembali pada penyelenggara latihan bersama di masa yang akan datang.

Sementara itu, Mayor USMC Johnessee menyampaikan bahwa Kormar (Marinir Indonesia) sangat profesional dalam melaksanakan kegiatan dan terbukti dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan SMEE di negara lain, Personel Kormar yang paling terlatih, selain itu peserta latihan menunjukkan keingintahuan yang sangat besar di setiap kegiatan pelajaran dan melebihi dari expektasi dari USMC dan personel latihan Kormar mempunyai disiplin yang sangat baik.

Mayor USMC Johnessee juga menyampaikan bahwa USMC berterima kasih atas keramah tamahan yang ditunjukkan personel Kormar, mulai saat datang, melaksanakan kegiatan dan selesai kegiatan.

Menurutnya, USMC ingin lebih meningkatkan latihan bersama dan apa yang telah ditunjukkan dengan sangat baik akan dilaporkan kepada satuan atas.

Usai pembacaan amanat Dankormar dan sambutan dari delegasi USMC, Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Marinir Agus Gunawan Wibisono, S.H., M.M., menyerahkan cinderamata kepada Mayor USMC Johnessee.

Seluruh rangkaian acara diakhiri dengan foto bersama di depan Mako Yonif 3 Marinir yang juga diikuti Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M, Asrena Danpasmar 2 Kolonel Marinir Kakung Priambodo, Asintel Danpasmar 2 Letkol Mar Samson Sitohang, Danyonif 1 Mar Letkol Mar Danang Wahyu Isbiantoro, Danyonif 3 Mar Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo dan Pabandyalat Sops Kormar Mayor Marinir Hendro.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs