Selasa, 7 Mei 2024

Sambut Imlek 2570, UK Petra Gelar Chinese New Year Fantasy

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Workshop We Qi sebuah permainan tradisional yang memainkannya menyerupai permainan Catur, jadi bagian Chinese New Year Fantasy. Foto: Totok suarasurabaya.net

Menyambut pergantian Tahun Baru China atau Imlek 2570, Jumat (1/2/2019) hingga Minggu (3/2/2019) Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya hadirkan berbagai kegiatan bernuansa China di atrium Pakuwon Trade Center (PTC) Surabaya, dalam Chinese New Year Fantasy.

Pada Jumat (1/2/2019) ini misalnya, digelar workshop permainan We Qi, dilanjutkan dengan workshop membuat Lampion menggunakan bahan kertas atau amplop Angpao, juga digelar talkshow pentingnya Bahasa Mandarin di era Industri 4.0.

Acara workshop We Qi atau permainan tradisional Tiongkok yang cara memainkannya menyerupai permainan Catur dimulai pukul 10.00 dengan menghadirkan peserta dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat umum.

Workshop membuat Lampion berbahan kertas atau amplop Angpao, yang dimulai menjelang pukul 12.00 diikuti sejumlah Ibu-ibu dan remaja yang memang ingin melihat dan tahu bagaimana cara membuat Lampion dengan cara sederhana.

“Kami ingin memberikan pengalaman dan merasakan sendiri beberapa budaya atau tradisi masyarakat Tionghoa yang satu diantaranya adalah permainan We Qi dan membuat Lampion yang memang hadir pada perayaan pergantian tahun baru masyarakat China,” terang Alpin Gadman Markali, S.S., M.Anag., PIC Chinese New Year Sastra Tionghoa UK Petra Surabaya.

Selain workshop, pada Sabtu (2/2/2019) dijadwalkan digelar lomba gerak dan lagu serta lomba mewarnai untuk siswa-siswi Sekolah Dasar. Pada hari itu juga digelar pertunjukan permainan Kecapi dan atraksi Barongsay.

“Pada Minggu (3/2/2019) atau menutup seluruh rangkaian kegiatan Chinese New Year Fantasy kami gelar lomba cerdas cermat untuk siswa-siswi SMA,” pungkas Alpin.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs