Jumat, 3 Mei 2024

Segera Terbit Pergub soal Zonasi SMA/SMK di Jatim

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur dan Emil Elestianto Dardak Wagub Jatim saat talkhsow "Jawa Timur Menyapa" di Radio Suara Surabaya, Kamis (4/4/2019). Foto: Purnama suarasurabaya.net

Selain siap menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) tanggap bencana, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim juga akan meneken Pergub untuk penerapan sistem zonasi bagi siswa SMA/SMK.

Pemerintah Provinsi Jatim tetap akan memakai pedoman zonasi 90 persen untuk para siswa. Sisanya bisa di luar zonasi tapi resikonya cukup tinggi. Misalnya bila nilainya tidak mencukupi maka bisa tidak lolos alias lepas tak dapat sekolah negeri.

Khofifah mengatakan, dalam waktu dekat akan diterbitkan Pergub dari 90 persen zonasi itu, di dalamnya tetap mengakomodir jalur mitra warga miskin sebesar 20 persen.

“Sistem zonasi dianggap memupus harapan anak-anak yang ingin masuk sekolah favorit. Mereka tidak bisa karena tidak berada di zona. Ini nanti akan terus dibahas, dalam waktu dekat ada pergubnya,” kata Khofifah, Kamis (4/4/2019). (bid/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs