Sabtu, 20 April 2024

Sejumlah Pusat Perbelanjaan di Sekitar Thamrin Tetap Beroperasi

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Warga melintas di depan pintu masuk Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Foto: Antara

Sejumlah pusat perbelanjaan di sekitar Jalan Thamrin-Bundaran HI, Jakarta Pusat, masih tetap beroperasi meski di sepanjang jalan tersebut ditutup sementara karena ada aksi massa di Gedung Bawaslu RI.

Di Plaza Indonesia yang terletak di Jalan Thamrin, Jakarta, Rabu (22/5/2019) hingga pukul 13.00 WIB masih buka seperti biasa.

Jika diamati dari luar gedung, pusat perbelanjaan tersebut tampak seperti tutup, apalagi di pintu masuk melalui Pintu Thamrin sudah dipasang barikade berupa kawat berduri.

Namun, pengelola membuka akses menuju mal tersebut salah satunya melalui lobi The Plaza yang berada di sebelah utara Plaza Indonesia.

Sejumlah petugas keamanan setempat disiagakan di pintu masuk dan pemeriksaan kepada para pengunjung dilakukan lebih ketat dan berlapis.

Meski pusat perbelanjaan mewah itu beroperasi, sebagian toko di dalamnya memilih tutup.

Beberapa di antaranya masih tetap buka walaupun sepi pengunjung.

“Saya masih tetap kerja,” kata Alvin, pegawai toko perhiasan di Plaza Indonesia, seperti dilansir Antara.

Beberapa toko yang buka di antaranya gerai makan dan minum salah satunya penjualan minuman kopi berjaringan internasional.

Beberapa pengunjung masih tetap terlihat berkeliling di sekitar pusat perbelanjaan itu.

“Saya mau kerja untuk sif siang jadi sekalian mampir beli minum dahulu,” kata pengunjung Roset yang bekerja di Hotel Keraton.

Pemandangan senada juga terlihat di Grand Indonesia, pusat perbelanjaan yang berada di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.

Di Lobi Rama mal itu, sejumlah toko di dalamnya memilih tutup. Namun, beberapa toko lainnya bertahan untuk tetap buka meski hingga beranjak siang belum banyak pengunjung.

“Biasanya kalau siang mulai ramai. Selama belum ada instruksi tutup dari atasan, kami tetap buka,” kata Fensi Prasetyo pegawai toko kue La Maison yang masih bekerja seperti biasa memproduksi kue.

Beberapa pengunjung yang ditemui mengaku memilih ke mal untuk menghindari aksi massa yang terjadi di depan Gedung Bawaslu.
Warga melihat-lihat di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (22-5-2019).

“Kami ke mal karena melihat situasi tidak kondusif di luar. Sementara di dalam mal, tokonya tutup juga, jadi kami menunggu situasi dahulu,” kata pengunjung Noviansyah.

Tidak jauh berbeda dengan kedua mal tersebut, pusat perbelanjaan Thamrin City yang berada tidak jauh dari Grand Indonesia.

Mal masih beroperasi seperti biasa meski beberapa toko di dalamnya memilih tutup, sementara sebagian lainnya memilih tetap buka, salah satunya restoran cepat saji.

Salah satu mal yang tidak beroperasi adalah Sarinah yang berlokasi persis di seberang Gedung Bawaslu RI.

Ribuan petugas kepolisian bersiaga di sekitar kawasan tersebut mengantisipasi aksi massa yang kecewa terkait dengan hasil Pemilu 2019. (ant/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs