Senin, 13 Mei 2024

Seminggu Bermekaran, Guguran Bunga Tabebuya Penuhi Pedestrian Jalan Surabaya

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Guguran bunga Tabebuya memenuhi pedestrian jalan. Foto: Rizzal via e100

Mekarnya bunga tabebuya di musim kemarau saat ini makin menambah keindahan kota Surabaya. Namun setelah seminggu bermekaran, bunga tabebuya akan berguguran dan gugurannya memenuhi pedestrian jalan.

Rokhim Kepala Seksi Ruang Terbuka Hijau DKRTH Surabaya mengatakan, saat tabebuya bermekaran pihaknya menambah petugas pengawas untuk berkeliling kota Surabaya.

“Jadi pengawas atau korlap akan berkeliling untuk mengawasi pergerakan petugas kebersihan. Kan kalau tidak diawasi pergerakan petugas kurang cepet. Kalau diawasi jadi lebih cepet untuk membersihkan sampah guguran tabebuya,” kata Rokhim pada suarasurabaya.net.

Kata Rokhim, tidak ada penambahan petugas kebersihan saat bunga tabebuya berguguran. “Masih bisa dikendalikan. Kan petugas kebersihan tidak hanya bekerja saat tabebuya berbunga. Tapi tiap hari memang ada petugas yang standby di koridor-koridor jalan Surabaya. Jadi kalau guguran bunganya sudah banyak langsung dibersihkan,” ujarnya.

Namun, lanjut dia, pihaknya mengakui dengan guguran tabebuya ini mobilitas mobil pengangkut sampah menjadi 2 kali lipat dari biasanya. “Mobilitas truk sampah bertambah tapi BBM sekarang lagi dibatasi. Ya agak ribet juga,” ujarnya.

Nantinya, kata Rokhim, sampah guguran Tabebuya akan dikumpulkan dan didaur ulang jadi kompos. “Di beberapa kelurahan kota Surabaya ada rumah pengolahan kompos. Nah sampah guguran bunga ini dikumpulkan di masing-masing lokasi kemudian didaur ulang. Jadi kalau sampah bunganya banyak masih tetap bisa dimanfaatkan,” katanya.

Di sisi lain, kata Rokhim, batang tabebuya cenderung mudah rapuh sehingga rutin melakukan perantingan. “Kalau musim kemarau gini bunganya mekar. Tapi kalau musim hujan daunnya yang lebat jadi lebih rutin untuk melakukan perantingan,” katanya.

Di Surabaya sendiri, kata dia, ada 5 jenis tabebuya yakni daun lebar warna putih, daun lebar warna pink, daun kecil warna putih, daun kecil warna pink dan kuning. “Tabebuya ini mekarnya dua kali di musim kemarau. Pertama di awal musim kemarau dan yang kedua di penghujung musim kemarau,” tambahnya. (dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
29o
Kurs