Jumat, 3 Mei 2024

Sempat Digenangi Banjir Hingga Setinggi 1 Meter, Banjir di Gresik Mulai Surut

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Genangan banjir di sekitar kantor PLN Benjeng, Gresik, Rabu (27/3/2019) pagi. Foto: Dodik via e100

Banjir setinggi 20 cm hingga 1 meter sempat menggenangi beberapa desa di Gresik sejak Selasa (26/3/2019) kemarin. Namun saat ini genangan banjir perlahan mulai surut.

Makruf Nuradi Pusdalops BPBD Gresik mengatakan, genangan banjir yang terjadi di daerah yang berdekatan dengan hulu Kali Lamong ini tidak terjadi secara bersamaan.

“Saat ini banjir di desa-desa yang dekat dengan hulu Kali Lamong sudah mulai surut dan mulai geser ke sebelahnya,” kata Makruf saat dihubungi suarasurabaya.net.

Makruf menjelaskan, kemarin daerah yang terpantau tergenang banjir adalah daerah Balongpanggang dan berdampak ke beberapa desa. Diantaranya Desa Ngampel, Desa Jombang Delik, Desa Dapet, Desa Sekarputih, Desa Wotansari, Desa Banjaragung dan Desa Pucung.

“Desa-desa ini tidak bersamaan waktu tergenang banjir. Terpantau yang surut dulu ini Jombang Delik, Ngampel dan Dapet. Kemarin ini titik terdalam banjirnya di Desa Sekarputih sama Pucung sampai 1 meter,” ujar dia.

Selain itu, beberapa desa di Benjeng, Gresik juga sempat tergenang banjir. Diantaranya Desa Sedapurklagen, Desa Deliksumber, Desa Kedungrukem, Desa Munggugianti, Desa Bulurejo dan Desa Lundo.

“Tadi pagi memang yang di Benjeng ini masih ada genangan cukup deras. Tapi sekarang terpantau sudah mulai surut cuma ada sekitar 10-20 cm saja di Bulurejo, Lundo dan Munggugianti,” katanya.

Namun, tambah Makruf, pihaknya bersama dengan anggota BPBD Gresik lainnya terus melakukan pengecekan ke lokasi yang terdampak banjir. “Kami pantau terus perkembangan banjir ini, mengingat sekarang luapan Kali Lamong mulai bergeser ke hilir,” tambahnya. (dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
33o
Kurs