Jumat, 19 April 2024

Setelah Diperiksa, Istri dan Anak Terduga Teroris di Pasuruan Dipulangkan

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Kombes Pol Frans Barung Mangera Kabid Humas Polda Jatim. Foto: Dok./Anggi suarasurabaya.net

Kombes Pol Frans Barung Mangera Kabid Humas Polda Jatim mengatakan, istri dan anak terduga teroris berinisial ADM sudah dipulangkan. Sebelumnya, mereka sempat dibawa ke Mapolres Pasuruan bersama ADM untuk dilakukan pemeriksaan.

Alasan pemulangan istri dan anak ADM itu, kata dia, karena tidak terlibat dalam jaringan suaminya. Sementara ADM sudah dibawa oleh Tim Densus 88 ke Mabes Polri untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Saat diamankan, ADM memang bersama anak dan istrinya sedang belanja di sebuah toko. Sudah dipulangkan istri dan anaknya, karena tidak terlibat. Kalau ADM ditangani Densus 88 dibawa ke Mabes Polri,” kata Barung, Selasa (19/11/2019).

Terkait lebih detailnya jaringan yang diikuti ADM, Barung mengaku ini bukan ranahnya. Sebab kasus ini ditangani oleh Densus 88. Dalam hal ini, pihaknya hanya membenarkan soal penangkapan terduga teroris yang terjadi di wilayah hukum Polda Jatim.

“Untuk jelasnya itu sudah wilayahnya Densus 88 ya. Entah itu menyangkut tentang jaringan JAD kah, atau jaringan yang lainnya. Itu wilayah dari Densus 88 Mabes Polri,” jelasnya.

Dari penangkapan itu, petugas menyita beberapa barang bukti. Di antaranya, satu unit mobil, satu unit sepeda motor bernopol W 6074, uang tunai, KTP, Kartu Keluarga, dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan gerakan yang diikuti oleh terduga ADM.

Sebelumnya, Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri mengamankan seorang berinisial ADM di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Senin (18/11/2019) siang, terduga teroris yang diduga terlibat dalam jaringan bom bunuh diri di Medan.

Kombes Pol Frans Barung Mangera Kabid Humas Polda Jatim dikonfirmasi di Surabaya, membenarkan adanya penangkapan terduga teroris tersebut.

“Benar, terduga teroris diamankan di wilayah hukum Pasuruan,” ujarnya, seperti dilansir Antara.

Meski membenarkan, Barung enggan merinci lebih detail penangkapan itu karena penanganan terduga teroris sepenuhnya ditangani Densus 88 Antiteror Mabes Polri.

Dari informasi yang dihimpun, penangkapan terhadap ADM berlangsung Senin pagi hingga siang tadi yang diketahui beralamat di Dusun Pesanggrahan, Kelurahan Gempeng, Bangil, Kabupaten Pasuruan.

ADM ditangkap usai mengantarkan anaknya ke sekolah di sebuah toko milik warga di Perumahan Taman Permata Indah Lingkungan Bakalan Kelurahan Pagak, Beji, Kabupaten Pasuruan.

Saat diamankan, ADM sedang bersama istri dan dua anaknya yang kemudian dibawa ke Mapolres Pasuruan untuk pengembangan pemeriksaan lebih lanjut. (ang/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs