Sabtu, 20 April 2024

Siang Ini, Presiden Akan Melantik Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Firli Bahuri. Foto: merdeka.com

Joko Widodo Presiden, hari ini, Jumat (20/12/2019), punya sejumlah agenda kerja. Salah satunya, melantik Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK periode 2019-2023.

Lima orang Komisioner KPK terpilih yang akan mengucapkan sumpah jabatan adalah Firli Bahuri (Ketua), Alexander Marwata, Nurul Ghufron, Nawawi Pomolango, dan Lili Pintauli Siregar.

Sementara nama-nama lima orang Dewas KPK sampai sekarang belum ada keterangan resmi dari pihak Istana Kepresidenan.

Prosesi pelantikan lima orang Pimpinan KPK dan lima orang Dewas KPK, rencananya digelar di Istana Negara, nanti siang selepas waktu Salat Jumat.

Beberapa hari lalu, dalam kunjungan kerja di Kalimantan Timur, Presiden mengatakan ada sejumlah orang berlatar profesi hakim, jaksa, ahli hukum pidana dan ekonom yang masuk daftar calon Dewas KPK.

Jokowi menjamin, lima orang yang terpilih benar-benar figur terbaik, dengan integritas serta rekam jejak yang baik dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

Sekadar informasi, Firli Bahuri dan empat Komisioner KPK terpilih mendapat dukungan 56 Anggota Komisi III DPR lewat mekanisme voting.

Pemungutan suara itu berlangsung dalam rapat pleno di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, hari Kamis (12/9/2019) sampai Jumat (13/9/2019) dini hari.

Sedangkan seleksi Dewas KPK dilakukan Kementerian Sekretariat Negara. Karena, berdasarkan Pasal 69A ayat (1) UU KPK, untuk membentuk Dewas KPK pertama kali, Presiden bisa menunjuk langsung tanpa panitia seleksi.(rid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs