Jumat, 3 Mei 2024

Siap Diresmikan, Bunga Fidelia sampai Bugenvil Hiasi Taman Suroboyo

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Taman Suroboyo. Foto: Dok.suarasurabaya.net

Pemerintah Kota Surabaya segera meresmikan Taman Suroboyo yang dilengkapi Patung Suro dan Boyo terbesar di Kota Pahlawan. Rencananya taman di kawasan Kecamatan Bulak ini diresmikan pada 29 Mei 2019 sekaligus sebagai kado Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-726.

Rochim Yuliadi Kepala Seksi Ruang Terbuka Hijau Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) mengatakan, Taman Suroboyo sudah cukup menyita perhatian pengunjung kalau sore hari, utamanya saat akhir pekan. Pihaknya pun siap untuk segera menyempurnakan taman di sekeliling patung, supaya area patung tampak indah saat peresmian nanti.

“Ini sudah 100 persen, tapi masih pemeliharaan. Ini kan di sekeliling patung sudah diberi tanaman, sudah semingguan ditanam, tapi tanamannya masih pada stress. Nanti sekitar dua bulanan baru pada berbunga,” ujar Rochim, Jumat (24/5/2019).

Rochim mengatakan, beragam jenis bunga yang ditanam mengitari patung tersebut di antaranya bunga fidelia, soka, bugenvil, kana dan pucuk merah. Menurut Rochim, fidelia ini jika sudah tumbuh maksimal, akan tampak layaknya permadani hijau.

“Awalnya kami maunya memberi tanaman yang warna-warni, tapi arahan Bu Wali (Tri Rismaharini, red), yang berbunga saja. Jadi ini dominan merah bunganya. Yang soka merah muda, yang kuning fidelia,” katanya.

Rochim mengatakan, di sekeliling taman juga dibangun pedestrian yang bisa dimanfaatkan pengunjung sebagai tempat mengambil foto. Sedangkan di luar pedestrian tersebut, ada lingkaran lahan kosong yang masih belum dimanfaatkan.

“Pinggirnya ini mau ditanami juga, tapi kalau sekarang tidak sempat. Setelah peresmian baru akan kami giatkan. Tidak perlu diuruk kok, hanya diberi tanah taman, tanah hasil pengolahan tinja, kompos, baru dikasih semak berbunga,” katanya. (bid/tin/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs