Kamis, 16 Mei 2024

Staf BAPKM ITS Raih Juara Diktendik Berprestasi 2019

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Seremonial pada Anugerah Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Diktendik) Berprestasi Tahun 2019. Foto: Humas ITS Surabaya

Anies Rosdyana AMd staf Subbagian Pengelolaan Beasiswa Biro Administrasi Pembelajaran dan Kesejahteraan Mahasiswa (BAPKM) ITS merebut gelar juara kedua Anugerah Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Diktendik) Berprestasi Tahun 2019 gelaran Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti tersebut.

Anies Rosdyana mengungkapkan, keberhasilannya meraih prestasi ini bermula dari keresahannya mengelola beasiswa mahasiswa ITS di tahun 2012. Pada masa itu, Anies menyampaikan bahwa ITS belum memiliki sistem informasi yang terintegrasi satu sama lain.

Anies memberi contoh, kala itu sistem informasi akademik berdiri sendiri dan sistem informasi beasiswa berdiri sendiri. “Akibatnya kami kesulitan mengelola data, karena sebenarnya data beasiswa bisa diambil dari sata akademik,” terang Anies.

Berdasarkan kondisi tersebut, Anies mengusulkan ide tentang integrasi sistem informasi yang sudah ada guna mendukung efektivitas kinerja sistem informasi beasiswa.

Ternyata ide tersebut disambut baik oleh pimpinan, sehingga dapat diimplementasikan bahkan hingga saat ini. “Saya senantiasa mengawal keberlangsungan SIM beasiswa ini,” papar Anies.

Bertahun-tahun setelahnya, Anies membawa ide ini untuk bertarung di ajang pemilihan tendik berprestasi tingkat ITS. Menjadi juara satu di tingkat ITS membuatnya dipilih menjadi perwakilan ITS dalam ajang pemilihan tendik berprestasi tingkat nasional, hingga akhirnya membuatnya berhasil menyabet juara dua di tingkat nasional.

Wanita yang telah mengabdi pada ITS sejak tahun 2010 ini mengatakan sangat senang dengan keberhasilannya, terutama karena telah dipercaya menjadi perwakilan ITS di ajang bergengsi tersebut.

Karena menurutnya, tidak semua orang beruntung mendapatkan kesempatan tersebut. Ia juga senang dapat memberikan kebanggaan kepada ITS. “Menjadi juara dua sangat luar biasa bagi saya, mengingat inovasi rekan-rekan lain yang juga tidak kalah bagus,” kata Anies.

Pengembangan sistem informasi beasiswa, lanjut Anies akan segera terwujud karena hal tersebut akan memudahkan berbagai pihak terutama mahasiswa bidikmisi dan beasiswa lainnya.

Di lain sisi, Anies juga berharap ke depannya rekan-rekan sesama tendik dapat lebih banyak berpartisipasi dalam ajang serupa. “Sehingga semakin banyak ide-ide yang tumbuh nantinya,” pungkas Anies Rosdyana, Selasa (5/11/2019).(tok/dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
27o
Kurs