Rabu, 1 Mei 2024

Sudah 10 Jam, Kebakaran Pabrik Plastik di Mojokerto Belum Padam

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Seorang petugas pemadam kebakaran menyemprotkan air di lokasi kebakaran pabrik plastik CV Surya Santosa, Jumat (4/10/2019). Foto: Fuad Radio Maja FM Mojokerto

Sudah 10 jam terjadinya kebakaran di pabrik plastik CV Surya Santosa yang berlokasi di Dusun Seruni, Desa Banjar Tanggul, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Jumat (4/10/2019), api belum dapat dipadamkan. Sulitnya pasokan air di lokasi kejadian menjadi salah satu penyebab api belum bisa dijinakkan.

Muhammad Zaini Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto mengatakan, hingga pukul 22.00 WIB, petugas pemadam kebakaran masih berjibaku memadamkan api.

“Belum (padam). Sampai saat ini petugas masih berupaya memadamkan,” ungkapnya saat dihubungi melalui pesan singkat via WhatsApp, Jumat (4/10/19) malam.

Hingga sampai saat ini, total sebanyak 15 unit PMK dikerahkan ke lokasi. Masing-masing merupakan unit dari Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Sidoarjo, Jombang serta Pasuruan. Belum lagi mobil tangki pengangkut air dari berbagai instansi dan perusahaan masih bertahan di pabrik plastik tersebut.

“Untuk luasan gudang yang terbakar diperkirakan mencapai 1.600 meter persegi,” kata Zaini kepada Fuad reporter Radio Maja FM Mojokerto.

AKP Suwiji Kapolsek Pungging mengatakan, gudang yang terbakar khusus untuk menyimpan hasil produksi, yakni berupa perabotan rumah tangga yang terbuat dari bahan plastik.

Suwiji memastikan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Hanya saja, api ikut menyambar 3 truk tangki gandeng yang berada tepat di sebelah selatan pabrik.

“Melihat kondisi saat ini, pemadaman bisa sampai tengah malam nanti,” tandasnya.

Sementara itu, Agus Wahyu Cahyono Ketua Relawan ISM Community menginformasikan, sampai saat ini petugas PMK dibantu para relawan dan karyawan pabrik berjibaku untuk memadamkan api. Warga sekitar juga nampak masih antusias menyaksikan kebakaran ini dari luar lingkungan pabrik.

“Titik api yang belum belum bisa dipadamkan berada di gudang sebelah selatan, ini petugas masih berupaya memadamkan,” tambahnya.

Kebakaran pabrik plastik di CV Surya Santosa yang berlokasi di Dusun Seruni, Desa Banjar Tanggul, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto diketahui sejak pukul 12.30 WIB, Jumat (04/10/19). Namun hingga pukul 22.30 api masih membumbung tinggi membakar bangunan gudang pabrik plastik tersebut. (tin/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
31o
Kurs