Kamis, 2 Mei 2024

Sungai Welang Meluap, Ribuan KK di Pasuruan Terdampak Banjir Kraton

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Jalan Raya Pasuruan-Surabaya ditutup total karena tergenang banjir, Senin (29/4/2019) pagi. Foto: akun twitter PPK Gempol-Bangil-Pasuruan-Probolinggo

Sebanyak 2.971 KK di terdampak banjir Kraton, Pasuruan baik di kota maupun kabupaten, Senin (29/4/2019) pagi akibat luapan sungai Welang.

“Untuk Pasuruan tepatnya di Kraton memang tanggal 28 April sore sampai 29 April jam 1 malam bahkan sampai pagi ini memang masih digenangi banjir,” kata Subhan Wahyudiono BPBD Provinsi Jawa Timur.

Subhan menjelaskan, 137 KK di Kota Pasuruan yang terdampak banjir diantaranya di Dusun Rujak Gaung 70 KK, Dusun Karangasem 389 KK, Dusun Kradenan 725 KK, Karangsari 152 KK dan Genengan 35 KK. Sedangkan 1.600 KK di kabupaten Pasuruan yang terdampak banjir diantaranya di Dusun Tambakrejo. Dusun Watrokan dan Dusun Krajan.

“Meskipun ribuan KK terdampak namun sampai pagi ini tidak ada warga yang mengungsi dan masih beraktivitas normal,” kata Subhan pada Radio Suara Surabaya.

Kata Subhan, pagi ini jalan raya Surabaya-Pasuruan masih ditutup total karena masih ada genangan setinggi 50 cm. “Sekarang alhamdulillah sudah ada tol yang bisa jadi alternatif kendaraan roda empat. Kalau kendaraan roda dua bisa lewat Sidogiri,” ujar dia.

Subhan mengakui, memang banjir di Kraton ini banjir langganan yang terjadi tiap tahun. “Normalisasi sungai sudah dilakukan, sudah dilakukan pelebaran di hilirnya. Namun demikian masih belum selesai total dan normalisasi akan terus dilakukan karena sudah disiapkan anggarannya,” pungkasnya. (dwi)

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs