Rabu, 15 Mei 2024

Susi Serukan Penggunaan Jaring Ramah Lingkungan untuk Tangkap Ikan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Seorang nelayan memperbaiki jaring cantrang. Foto: Antara

Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan mengingatkan nelayan agar menangkap ikan menggunakan jaring yang ramah lingkungan, yang tidak menangkap ikan-ikan kecil di kawasan perairan nasional.

Susi menyerukan para nelayan dan pengusaha perikanan tidak menggunakan jaring insang dengan ukuran mata jaring yang terlalu kecil. Hal itu perlu dilakukan agar ikan-ikan yang masih kecil tidak ikut terjaring dan memiliki waktu untuk berkembang biak.

Melalui siaran pers yang dilansir Antara, Sabtu (6/4/2019), Susi mengatakan penggunaan jaring dengan ukuran mata jaring yang tepat akan mendukung ketersediaan ikan yang berkelanjutan, yang akan turut meningkatkan produksi dan penjualan para nelayan.

Menteri Kelautan dan Perikanan itu mengajak para nelayan untuk bekerja sama memberantas rumpon yang tak legal atau tidak berizin di laut.

Sebagaimana diketahui, pada tanggal 6 April ini juga setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Nelayan Nasional.

Sebelumnya, Joko Widodo (Jokowi) Presiden ketika menerima Perwakilan Nelayan Seluruh Indonesia di Istana Negara, Jakarta, 22 Januari lalu, mengingatkan nelayan dan pengusaha perikanan menggunakan Bank Mikro Nelayan.(ant/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
28o
Kurs