Jumat, 19 April 2024

TNI AL Amankan Puluhan TKI Ilegal Tujuan Malaysia

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Tim gabungan Koarmada II Surabaya mengamankan 25 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Ilegal di perairan Nunukan, Kalimantan Utara, Selasa (29/10/2019). Foto: Istimewa

Tim gabungan Koarmada II Surabaya mengamankan 25 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Ilegal di perairan Nunukan, Kalimantan Utara, Selasa (29/10/2019). Puluhan TKI asal Sulawesi Selatan itu akan menuju ke Malaysia.

Letkol Laut (P) Djawara Whimbo Kadispen Koarmada II mengatakan, pengungkapan itu berawal dari patroli laut yang dilakukan oleh tim gabungan. Di antaranya personel Lanal Nunukan, Tim Kopaska, dan Detasemen Intelijen (Denintel) Koarmada II.

Saat itu, lanjut dia, petugas menemukan KM. Thalia yang ternyata mengangkut puluhan TKI. Mereka pun langsung diamankan petugas, lantaran tidak memiliki dokumen resmi dari pemerintah.

“Patroli laut terus ditingkatkan untuk mencegah penerimaan, pengiriman TKI non prosedural yang akan menyeberang ke Malaysia. Sekaligus mencegah kegiatan ilegal lainnya seperti penyelundupan narkoba, minyak ilegal, dan lain sebagainya,” kata Whimbo.

Terkait status kapal Thalia dan para penumpang yang terjaring, lanjut dia, sampai saat ini masih dilakukan pendalaman. Nantinya, proses pendalaman itu juga akan melibatkan Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) Nunukan.

“Akan dilakukan pendalaman oleh Lanal Nunukan yang berada di bawah komando Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal XIII) Tarakan, Koarmada II,” kata dia. (ang/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs