Kamis, 25 April 2024

Taman di Underpass Dikebut Jelang Peresmian 31 Mei

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Taman di sisi utara Underpass Satelit. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) terus berupaya menyelesaikan pembangunan taman di Underpass Bundaran Satelit sebelum nantinya diresmikan pada Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 726, Jumat 31 Mei 2019 mendatang.

Rochim Yuliadi Kepala Seksi Ruang Terbuka Hujau DKRTH Surabaya mengungkapkan, pembangunan taman dilakukan di sisi utara dan selatan underpass. Taman di kawasan Surabaya Barat itu akan ditanami dengan berbagai macam pohon pelindung dan semak berbunga.

Menurut Rochim, pohon pelindung yang akan ditanam ini seperti bunga tabebuya, pole, trembesi, jacaranda dan lainnya. Sedangkan tanaman semak-semak ini seperti tanaman melati jepang, bugenvil, soka dan lainnya.

“Yang sudah selesai ditanam beberapa hari yang lalu di sisi utara Underpass, sekarang giliran di sisi selatan,” kata Rochim, Minggu (26/5/2019).

Rochim menjelaskan total luas lahan untuk dua taman ini adalah 9.520 meter persegi dengan rincian taman sisi utara 4.360 meter persegi dan di sisi selatan 5.160 meter persegi. Dengan luas tersebut, kata Rochim, maka dibutuhkan ribuan tanaman untuk taman di Underpass ini.

“Jenis semak berbunga membutuhkan tanah jenis lumpur agar bisa tumbuh dengan baik. Hal ini disebabkan karena jenis akarnya tidak sekuat pohon tabebuya maupun pohon jenis lainnya,” katanya.

Sekadar diketahui, Pemerintah Kota Surabaya menargetkan RTH di Kota Surabaya mencapai luas 30 persen. Tujuannya untuk menjaga suhu udara dan udara bersih di Surabaya. Sedangkan data terkahir hingga, luas RTH di Surabaya mencapai 21,97 persen. (bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs