Senin, 29 April 2024

Tanggul Anak Kali Lamong Jebol, Warga di 8 RW Sumberejo Kebanjiran

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tim Satgas Pemkot mulai mengangkut kantong pasir menggunakan perahu menju lokasi tanggul sungai anak Kali Lamong di Sumberejo, Pakal yang jebol. Foto: Istimewa

Tanggul sungai anak Kali Lamong di Sumberejo, Pakal jebol. Warga di 8 RW se Sumberejo terdampak banjir, dan terparah di RW 3 yang berdekatan dengan titik tanggul yang jebol.

Nur Suud Ketua RW 3 Kelurahan Sumberejo mengatakan, tanggul jebol mulai Jumat (3/5/2019) dinihari hanya sepanjang dua meter. Tapi karena tanggul terbuat dari tanah maka mudah tergerus air, dan sekarang panjangnya 50 meter yang jebol.

“Ini kalau dihitung se-Sumberejo menyeluruh terdampak, ada 8 RW kena dampak semua, yang paling parah itu RW 3. Karena lokasi yang jebol itu berdekatan dengan RW 3,” kata Nur Suud kepada suarasurabaya.net, Jumat (3/5/2019).


Tim Satgas Pemkot mulai mengangkut kantong pasir menggunakan perahu menju lokasi tanggul sungai anak Kali Lamong di Sumberejo, Pakal yang jebol. Foto: Istimewa

Menurut Suud, banjir di sekitar pemukiman sampai setinggi 1 meter. Sebagian rumah yang belum ditinggikan terdampak parah. Sebab menurut Suud, karena pengalaman banjir tahun 2013 dan tahun 2017, banyak rumah-rumah warga yang agak rendah telah ditinggikan.

“Tapi ada sebagain rumah yang airnya masuk sampai se lutut orang dewasa,” katanya.

Suud mengatakan, saat ini Tim Satgas Pemkot Surabaya yang dipimpin oleh Tri Rismaharini Walikota Surabaya melakukan penanganan tanggul yang jebol mulai ditimbun sendbag dengan cara mengangkut sendbag menggunakan kapal boat menuju lokasi jebolnya tanggul.

Menurut Suud belum ada warga yang harus dievakuasi. Namun, satgas dari Pemkot sudah siaga semuanya di lokasi.

“Sementara gak ada warga yang dievakuasi, karena tetep ingin bertahan di rumah,” katanya. (bid/iss/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs