Kamis, 9 Mei 2024

Tebing di Jalur Cangar Longsor Akibat Hujan Deras

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Petugas memeriksa tebing setinggi 10 meter di jalur Cangar, di Kabupaten Mojokerto yang longsor pada Selasa (2/4/2019) siang. Foto: Fuad Maja FM untuk suarasurabaya.net

Hujan deras yang mengguyur wilayah Pacet, Kabupaten Mojokerto pada Selasa (2/4/2019) siang, mengakibatkan sebuah tebing setinggi 10 meter di jalur Cangar longsor.

Akibatnya, akses jalan alternatif antara Pacet Mojokerto ke arah Batu Malang tepatnya di jalur Cangar di titik Gajah Mungkur sempat tertutup total dan menghambat laju kendaraan dari dua arah.

Dari data yang didapat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, longsornya tebing setinggi 10 meter di Jalan Raya Cangar, terjadi sekitar pukul 13.30 WIB.

Muhammad Zaini Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto mengatakan, petugas BPBD, relawan, bersama warga dan pengendara yang akan melintas telah berjibaku mengevakuasi material longsor. Pada pukul 17.00 WIB, ruas jalan selebar 5 meter yang sempat tertimbun material longsor sudah dapat dilewati kendaraan.

“Material longsor dipinggirkan sementara agar pengendara yang melintas bisa melewati jalan tersebut. Kita masih menunggu alat berat dari PUPR untuk mengevakuasi material berupa bebatuan besar agar jalan kembali normal,” ujarnya kepada Fuad, reporter Maja FM.

Zaini juga menyebutkan, jika kondisi cuaca di wilayah tersebut sedang hujan deras disertai kabut.

“Para pengendara tetap berwaspada pada longsor susulan, khususnya saat melintas di wilayah Pacet Mojokerto. Saat hujan, dikhawatirkan daya cengkeram batu dan tanah lemah, sehingga membuat wilayah Cangar mudah terdapat longsor,” kata dia.(fad/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs