Jumat, 19 April 2024

Tercatat 45 Ribu Kendaraan Mulai Balik ke Surabaya Hari Ini

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Antrean kendaraan di gerbang tol Madiun arah Surabaya. Foto: Hesti Perwiro via E100

Meski baru memasuki Lebaran hari kedua, namun arus balik menuju Surabaya sudah terpantau padat. Kamis (6/6/2019), setidaknya 45 ribu kendaraan mulai bergerak dari barat menuju Surabaya melalui jalan tol Surabaya-Mojokerto.

AKP Lamuji Kanit PJR Tol Jatim 3 kepada Radio Suara Surabaya mengatakan, sudah ada pergerakan arus balik. Rabu kemarin tercatat sudah 35 ribu (kendaraan, red) yang dari barat menuju Surabaya.

“Hari ini pergerakannya sekitar 43 sampai 45 ribu, sehingga arus balik dua lebaran hari kedua ini tembus 80 ribuan kendaraan,” kata AKP Lamuji.

Berdasarkan data dari Unit PJR Tol Jatim 3, mulai H-8 hingga H-1 lebaran, tercatat 140 ribu kendaraan telah meninggalkan Surabaya. Apabila hingga hari ini sudah 80 ribu kendaraan menuju Surabaya, ini berarti arus balik sudah mencapai 50 persen dari jumlah keseluruhan.

“Jika ditambah hari ini, berarti hampir separuhnya, karena jika kemarin 35 ribu, maka kira-kira ada 35-40 ribu tiap harinya,” tambahnya.

Berdasarkan banyaknya jumlah kendaraan yang melewati tol Surabaya-Mojokerto, lanjut Lamuji, pada H+1 lebaran ini dapat dikatakan sudah mulai memasuki puncak arus balik menuju Surabaya.

Meskipun begitu, ia memastikan bahwa arus kendaraan yang menuju tol Sumo masih aman. Hingga saat ini, belum ada kecelakaan besar hingga mengakibatkan jatihnya korban jiwa. Untuk itu, ia mengimbau kepada pengendara untuk selalu berhati-hati dan mematuhi aturan yang ada.

“Alhamdulillah kecelakaan tidak aja, adapun cuma (kerugian, red) materil aja mungkin karena saking padatnya jadi totolam saja. Saya harapkan masyarakat lebih berhati-hati dan selalu mematuhi aturan-aturan yang sudah ada,” katanya. (tin/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs