Senin, 29 April 2024

Terminal Intermoda Joyoboyo Diuji Coba Liburan Nataru

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Terminal Intermoda dan Gedung Parkir Joyoboyo Surabaya. Foto: Dinas Perhubungan Kota Surabaya

Irvan Wahyudrajat Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya memastikan, Terminal Intermoda dan Gedung Parkir Joyoboyo diujicoba pada liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Kami uji coba saat liburan Nataru untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di KBS. Selain itu untuk antisipasi liburan sekolah akhir tahun ini,” ujar Irvan kepada suarasurabaya.net, Sabtu (7/12/2019).

Irvan mengatakan, Terminal Intermoda Joyoboyo juga dilengkapi kapasitas parkir
yang cukup besar, dapat menampung hingga 4 bus kota, 8 bus pariwisata, 69
Angkot, 363 mobil, dan 292 motor. Sehingga, saat liburan Nataru bisa untuk antisipasi membludaknya kunjungan di KBS.

“Ya kalau parkir dalam KBS tidak mencukupi baru kami arahkan ke Joyoboyo terutama saat ada event atau liburan. Parkir di Jalan Setail diterapkan insidentil saja,” katanya.

Irvan menegaskan, sekarang ini progres pembangunan Terminal Intermoda Joyoboyo sudah 99 persen. Tinggal dilakukan pengujian operasional pengerjaan (commissioning), pemberian marka, dan pembersihan lokasi.

“Progresnya sudah 99 persen, tinggal commissioning, permarkaan, dan pembersihan lokasi,” kata Irvan.

Sekadar diketahui, Terminal Intermoda dan Gedung Parkir Joyoboyo berdiri di atas lahan seluas lebih kurang 8669 meter persegi. Bangunan ini bagian dari revitalisasi Terminal Joyoboyo.

Bangunan Terminal ini dikonsep green building dengan ruang terbuka hijau di area utara dan selatan bangunan. Bagian fasad terminal juga didesain dengan konsep green facade dengan membuat tanaman secara vertikal yang juga menambah estetika bangunan.

Terminal Intermoda dan Gedung Parkir Joyoboyo ini terdiri dari 5 lantai yang dilengkapi berbagai fasilitas diantaranya toilet dengan jumlah memadahi yang juga dilengkapi dengan toilet untuk difabel di setiap lantainya.

“Terminal ini juga dilengkapi kios basah dan kering yang berjualan makanan maupun souvenir. Ada juga area makan untuk indoor maupun outdoor, taman bermain di lantai 4 dengan tema lalu lintas di mana taman bermain ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat bermain tetapi juga dapat mengedukasi untuk tata tertib di jalan raya,” kata Irvan. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs