Selasa, 21 Mei 2024

Tim SAR Gabungan Berhasil Mengevakuasi Jenazah Pendaki Thoriq

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Pemberitahuan jenazah Thoriq ditemukan. Foto: Humas Wanadri

Tim SAR gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi jenazah Thoriq dari titik penemuannya di dasar tebing Gunung Piramid, Kabupaten Bondowoso, pada Sabtu (6/7/2019), sekitar pukul 13.15 WIB.

“Setelah berhasil dievakuasi dari dasar tebing, selanjutnya jenazah Thoriq dipersiap-kan untuk proses evakuasi menuju ke Pos 2 dan dilanjutkan ke titik evakuasi di Pos 1,” kata Rudy Prahara Komandan Tim Operasi Pos Basarnas Jember, berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Tim SAR gabungan sangat berhati-hati saat mengevakuasi jenazah Thoriq menuju ke Pos 1. Sebab, mereka harus melewati jalur punggungan naga yang sempit. Terlebih lagi, kondisi di sebelah kanan dan kirinya jurang yang curam.

Setelah berjuang dengan keras melewati ektrimnya jalur, akhirnya tim SAR gabungan berhasil membawa jenazah Thoriq sampai di Pos 1 sekitar pukul 16.45 WIB.

Dari Pos 1, selanjutnya jenazah Thoriq dibawa dengan menggunakan ambulans menuju ke RSUD dr Koesnadi Bondowoso untuk dilakukan proses lebih lanjut oleh petugas berwenang sebelum diserahkan kepada pihak keluarga.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kantor SAR Surabaya membuka kembali operasi SAR terhadap Thoriq setelah mendapatkan informasi tentang ditemukannya tanda-tanda keberadaan Thoriq di sekitar tebing.

Tanda-tanda keberadaan Thoriq pertama kali ditemukan oleh Potensi SAR dari tim Wanadri, GMPT Bondowoso dan beberapa organisasi Potensi SAR lainnya, yang kemudian melaporkan penemuan tersebut ke Kapolsek Curahdami.

Kantor SAR Surabaya kemudian mengerahkan satu tim operasi dari Pos BASARNAS Jember untuk berkoordinasi dengan unsur SAR gabungan terkait rencana evakuasi terhadap Thoriq dari lokasi penemuan hingga ke posko.

Upaya evakuasi terhadap Thoriq ini melibatkan ratusan personel gabungan, diantaranya berasal dari Pos BASARNAS Jember, Yonif Raider 514, Brimob Kompi Bondowoso, Polres Bondowoso, Kodim Bondowoso, Polsek Curahdami, Koramil Curahdami, Wanadri, GMPT Bondowoso, SAR OPA Jember, BPBD Bondowoso, PMI, RAPI, ORARI, gabungan komunitas pecinta alam dan Puskesmas Curahdami.

Hingga berita ini dikabarkan, sisa personel dari tim Wanadri, GMPT Bondowoso, Pos BASARNAS Jember dan SAR OPA Jember sedang dalam perjalanan turun menuju ke Pos 1. Diperkirakan mereka tiba di Pos 1 sekitar pukul 19.00 WIB.

“Kantor SAR Surabaya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang terlibat, baik secara langsung maupun yang memberikan dukungan doa dan semangat kepada tim SAR gabungan sehingga proses evakuasi Thoriq berjalan dengan baik dan lancar,” kata dia. (ang)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs