Rabu, 29 Mei 2024

Tol Pandaan-Malang Diharapkan Mengurai Kemacetan 70 Persen

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Pemandangan di salah satu ruas Tol Pandaan-Malang. Foto: Istimewa

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mengatakan, peresmian Tol Pandaan-Malang akan membantu mengurai beban kepadatan 70 persen arus Surabaya-Malang selama lebaran.

Menurut Khofifah, selama ini setiap akhir pekan ekor kepadatan arus lalu lintas Surabaya-Malang itu mulai dari Pandaan dan Purwosari. Dengan dibukanya tol ini maka akan memberikan dampak luar biasa.

“Paling tidak 65 ribu kendaraan sehari saat dalam keadaan normal, yang titik kemacetannya ada di Lawang dan Singosari bisa terurai 70 persen melalui tol ini, atau sekitar 45 ribu kendaraan akan terurai lewat tol Pandaan-Malang,” kata Khofifah dalam sambutannya di peresmian Tol Pandaan-Malang, Senin (13/5/2019).

Khofifah berharap, setelah ruas seksi 1, 2, dan 3 tidak terlalu lama akan dituntaskan yang seksi 4 dan 5. Sebab, kalau tol Pandaan-Malang ini tuntas semua maka potensi 7,2 juta wisatawan yang ke Batu atau Malang Raya bisa terfasilitasi, belum lagi kalau di-support bandara internasional yang tengah disiapkan.

“Ada potensi 7,2 juta wisatawan yang ke Malang Raya bisa dimudahkan,” katanya.

Sementara itu Joko Widodo Presiden mengatakan, selain Tol Pandaan-Malang, target selanjutnya pembangunan runway untuk airport Bandara Abdurahman Saleh yang akan diperpanjang 500 meter, sehingga untuk Bandara Internasional bisa rampung.

Sekadar diketahui, ruas tol Pandaan-Malang yang diresmikan adalah mulai dari seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,5 kilometer, seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8 kilometer dan seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,1 kilometer.

Sedangkan seksi 4 dan 5 Singosari-Pakis-Kota Malang masih dalam tahap kontruksi. (bid/iss/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
28o
Kurs