Senin, 29 April 2024

Ucapan Selamat dari Pemimpin Dunia Mengalir ke Presiden Jokowi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Presiden Jokowi dan Mon Jae-in Presiden Korsel melakukan pertemuan bilateral di sela KTT G20 di Osaka Jepang, Jumat (28/6/2019). Foto: Antara

Joko Widodo Presiden menerima banyak ucapan selamat atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Republik Indonesia dalam Pemilihan Presiden 2019 saat pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang, Jumat (28/6/2019).

Andri Hadi Kepala Protokol Negara yang mendampingi dan berada dekat dengan Joko Widodo Presiden mengatakan bahwa hampir semua kepala negara/kepala pemerintahan yang bertemu Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat.

“Congratulation, congratulation,” ucap Andri Hadi menirukan ucapan pertama para kepala negara/kepala pemerintahan ketika bertemu Presiden Jokowi.

Menurut Andri, ucapan tersebut disampaikan dalam berbagai kesempatan di sela perhelatan KTT G20, seperti pada saat menunggu “official welcome” dan “family photo”, maupun ketika para kepala negara/kepala pemerintahan akan memulai “Leader’s Side Event”.

Para kepala negara/kepala pemerintahan itu di antaranya Donald Trump Presiden Amerika Serikat, Shinzo Abe PM Jepang, Mohammad bin Salman Putra Mahkota Kerajaan Saudi, Justin Trudeau PM Kanada.

Selain itu Recep Tayyip Erdogan Presiden Turki, Scott Morrison PM Australia, Mark Rutte PM Belanda, Emmanuel Macron Presiden Prancis, Giuseppe Conte PM Italia, Theresa May PM Inggris, Narendra Modi PM India dan Pedrosan Chez Presiden Spanyol.

Selain itu, turut pula memberikan ucapan selamat kepada Presiden Jokowi adalah Christine Lagarde Direktur Pelaksana IMF dan Antonio Guterres Sekretaris Jenderal PBB.

Dalam pertemuan bilateral RI dan China maupun RI dan Korea Selatan, kedua pemimpin negara itu juga mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi.

Pada awal pertemuan bilateral, Xi Jinping Presiden China menyampaikan selamat atas terpilihnya Jokowi Sebagai Presiden RI periode 2019-2024.

Bahkan Mon Jae-in Presiden Korsel juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Presiden Jokowi.

Menanggapi ucapan tersebut Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar- besarnya. Demikian dilaporkan Antara.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs