Selasa, 23 April 2024

Unesa Gandeng CULS Praha Tingkatkan Bidang Akademik

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Penandatanganan nota kesepahaman kerjasama antara Unesa dengan Czech University of Life Sciences (CULS) Praha, Kamis (8/8/2019) WIB. Foto: Humas Unesa

Unesa menandatangani nota kesepahaman kerjasama dalam bidang akademik dengan Czech University of Life Sciences (CULS) Praha, Rabu sore
waktu Praha atau Kamis (8/8/2019) pagi WIB. Tujuan kerjasama adalah meningkatkan bidang akademik, baik dalam pembelajaran maupun penelitian.

Berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net, kerjasama itu meliputi pertukaran mahasiswa dan dosen, kolaborasi kegiatan penelitian, partisipasi dalam seminar dan pertemuan-pertemuan akademik, pertukaran informasi dan bahan akademik, kegiatan-kegiatan publikasi yang saling menguntungkan.

“Unesa siap memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswa CULS utk program sarjana (bachelor), kecuali biaya penerbangan. Untuk pengurusan visa, kami siap membantu sepenuhnya,” kata Prof Nurhasan Rektor Unesa.

Sementara itu, Nurhasan juga berharap untuk mengirimkan setidaknya lima mahasiswa untuk belajar di CULS. Untuk itu, Unesa siap menyeleksi internal untuk disesuaikan dengan persyaratan masuk ke CULS.

Prof. David Herak perwakilan CULS, menyambut baik penawaran Unesa. Namun, kriteria akademik tetap dinomorsatukan.

“Untuk Fakultas Teknik kami, selain bagus dalam Matematika, calon maba harus mampu berbahasa Inggris aktif. Tesnya online, dan wawancara lewat skype,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga disepakati sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan. Hal-hal spesifik akan segera tertuang ke dalam letter of agreements. “Saya berharap untuk bisa memenuhi undangan Unesa pada bulan Oktober atau November mendatang,” tutur Herak.

Selain Rektor, hadir dalam penandatanganan tersebut Dr. Sujarwanto Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerjasama Unesa dan pihak KBRI untuk Republik Ceko. Selepas kegiatan tersebut, rombongan diterima Kedubes dalam ramah tamah yang hangat.

Unesa juga merintis kerjasama dengan Charles University dan Alomouc University. Sudah ada pembicaraan awal, dan akan segera ditindaklanjuti dengan langkah yg lbh serius. Proses penyelesaikan akan dibantu sepenuhnya oleh pihak KBRI.(bas/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
32o
Kurs