Minggu, 28 April 2024

Unesa Segera Dirikan Prodi dan Pusat Studi Bahasa Korea

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Para peserta seminar bertajuk "Special Seminar on Korean Culture and History" di Lantai 11 Gedung Rektorat Unesa, Surabaya pada Jumat (6/9/2019) sore. Peserta sedang mengikuti kuis tanya jawab tentang budaya Korea. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Unesa akan segera mendirikan prodi dan pusat studi bahasa Korea. Ini dikatakan Prof, Nurhasan Rektor Unesa pada seminar bertajuk “Special Seminar on Korean Culture and History” di Lantai 11 Gedung Rektorat Unesa, Surabaya pada Jumat (6/9/2019) sore.

Ia mengatakan, seminar yang bekerja sama dengan Duta Besar Korea untuk Indonesia itu adalah langkah lanjutan Unesa untuk mendirikan program studi Bahasa Korea. Ia menyebut, persiapan pembukaan prodi baru ini sudah diurus sejak dulu.

Rencananya, prodi dan pusat studi Bahasa Korea akan dibangun di samping Hotel Unesa dekat pintu gerbang masuk Unesa Lidah Wetan.

“Pusat studi bahasa Mandarin sudah ada, nah ini mau dibangun pusat studi bahasa Korea, sehingga nantinya Unesa menjadi kampus pusat studi bahasa-bahasa dunia,” ujar Nurhasan di lokasi pada Jumat (6/9/2019) sore.

Selain itu, Nurhasan juga mengatakan, seminar tersebut juga menjadi peluang untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia pada beberapa utusan Korea yang sebagian masih pertama kali mengunjungi Indonesia.

“Peserta (seminar, red) yang datang dari berbagai perguruan tinggi juga semakin mengenal sejarah dan budaya Korea dari masa ke masa langsung dari orang Korea sendiri,” jelasnya.

Di sisi lain, Kim Chang Beom Duta Besar Korea untuk Indonesia mengatakan, kerjasama yang dilakukan kampus-kampus di Korea dan Unesa diharapkan mampu membawa manfaat bagi kedua belah pihak, terkhusus pada peningkatan mutu pendidikan dan sumber daya manusia kedua negara.

“Saya melihat di mata anda (peserta, red) punya mimpi yang kuat, kemampuan yang luar biasa, serta kamampuan belajar yang cepat. Saya percaya anda adalah orang sukses dan Indonesia harus sukses di tangan anda,” pungkasnya.

Sebagai informasi, saat ini ada 10 program studi bahasa dan sastra di Unesa yang tergabung dalam Fakultas Bahasa dan Seni. Kesepuluh prodi itu Yaitu S1 Pendidikan Bahasa Mandarin, S1 Sastra Inggris, S1 Pendidikan Bahasa Jerman, S1 Sastra Jerman, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, S1 Pendidikan Sastra Jepang, S1 Sastra Indonesia, S1 Pendidikan dan Sastra Indonesia, serta D3 Bahasa Inggris.(bas/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs