Rabu, 24 April 2024

Unnar Diskusikan Isu Pembangunan Berkelanjutan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Konferensi internasional digelar Universitas Narotama Surabaya membahas pembangunan berkelanjutan yang penting bagi pembangunan ekonomi. Foto: Istimewa

Universitas Narotama (Unnar) Surabaya menggelar konferensi internasional Sabtu (3/8/2019) mengulas pembangunan berkelanjutan sebagai bagian penting pembangunan ekonomi.

Dibahas dalam konferensi internasional, Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Narotama (Unnar) gelar World Conference on Management, Business, Accounting, Sustainability Development, Engineering, Computer and Applied Science, Sabtu (3/8/2019).

Assoc. Prof. Dr. Arasy Alimudin, Rektor Universitas Narotama, mengatakan konferensi internasional ini adalah suatu kesempatan besar untuk bisa mendiskusikan mengenai isu yang sedang banyak dibahas di kalangan praktisi dan pakar pada bidang-bidang yang menjadi topik utama konferensi ini.

“Salah satu isu yang hangat adalah tentang pembangunan berkelanjutan. Karena pembangunan berkelanjutan merupakan bagian penting dalam pembangunan ekonomi,” terang Assoc. Prof. Dr. Arasy Alimudin, Rektor Universitas Narotama.

Arasy menambahkan, kebutuhan manusia memproduksi atau melakukan pembangunan, kadangkala bertabrakan dengan dilema ketika manusia tersebut tidak ingin menghancurkan bumi dalam prosesnya.

Sehingga menimbulkan pertanyaan yang belum juga terjawab. Sehingga, seminar yang mencakup berbagai disiplin ilmu ini, menurut Arasy, menjadi hal yang sangat menarik.

“Berbagai bidang dan disiplin ilmu yang dibahas dalam seminar dan konferensi internasional kali ini saling berkaitan dalam pembangunan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan. Diskusi semacam ini sangat penting untuk dilakukan secara berkala untuk membahas peluang yang terus berkembang di bidang teknologi, produksi, dan peningkatan cara bisnis, namun juga harus tetap bisa menjaga dan melindungi bumi dari kerusakan,” tambah Arasy.

Konferensi internasional ini mendatangkan 3 keynote speaker, yaitu Prof. Dr. Abdul Thalib Bin Bon, guru besar bidang Manajemen Teknologi, Department of Production and Operations Management, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia; Dr. Wichai Chattinawat dari Department of Industrial Engineering, Chiang Mai University, Thailand; dan Dani Harmanto, PhD dari University of Derby, Inggris.

Prof. Dr. Abdul Thalib Bin Bon membahas mengenai Furniture Innovation Technology dan Furniture Design and Manufacturing.

Sedangkan Dr. Wichai Chattinawat menekankan pada pengaplikasian analisa Material Flow Cost Accounting (MFCA) pada industri untuk menekan biaya produksi namun dapat meningkatkan efisiensi hasil produksi.

Kemudian nara sumber Dani Harmanto, PhD membahas tentang desain kapal perang dengan menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD).(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs