Senin, 29 April 2024

WNA Rusia Ikut Meriahkan Parade Surabaya Juang 2019

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Teatrikal perang di Parade Surabaya Juang, Minggu (11/11/2018). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Memperingati Hari Pahlawan 2019, Pemkot Surabaya kembali menggelar Parade Surabaya Juang, Sabtu (9/11/2019). Mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB, sebanyak 3000 peserta akan menyajikan berbagai atraksi dan drama kolosal.

Antiek Sugiharti Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Surabaya mengatakan, berbeda dengan tahun sebelumnya, acara tahun ini akan diikuti peserta warga negara asing (WNA) dari beberapa kota pahlawan di Rusia, seperti St. Petersburg dan Volgograd.

“Sebelumnya, mereka peserta WNA juga mengikuti pameran foto sebagai salah satu rangkaian kegiatan Hari Pahlawan,” kata Antiek di Kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya, Kamis (7/11/2019).

Ia menjelaskan, Parade Surabaya Juang tahun ini mengambil tema Wira Bangsa. Karena itu, nantinya para peserta yang berasal dari mancanegara, bakal menonjolkan bagaimana perjuangan mereka ketika memperebutkan kemerdekaan di negaranya.

“Mereka ikut kegiatan di sini diantaranya pameran foto, mengikuti Parade Surabaya Juang, dan hadir juga saat upacara bendera tanggal 10 November,” jelasnya.

Antiek mengungkapkan, dalam Parade Surabaya Juang tahun ini, konstum peserta mencirikan pahlawan dari Jatim saja, melainkan memakai kostum seluruh pahlawan dari Nusantara

“Selama ini hanya Jawa dan Bali, tapi kali ini Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, semua ikut bergabung,” paparnya.

Dalam Parade Surabaya Juang tahun ini, panitia juga menyiapkan tujuh titik spot panggung di sepanjang rute. Yakni, Tugu Pahlawan, Siola, Hotel Majapahit, Bambu Runcing, Monumen Polisi Istimewa, Santa Maria, dan Taman Bungkul.

Antiek menjelaskan, pada titik-titik spot tersebut, bakal diisi dengan teratrikal pertunjukkan yang menceritakan perjuangan melawan penjajah di lokasi itu. Nantinya peserta teatrikal berasal dari kalangan pelajar dan seniman.

“Bu Risma (Wali Kota Surabaya, red) nanti akan membaca puisi di depan Hotel Majapahit,” katanya. (bid/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs