Senin, 6 Mei 2024

Wali Kota Surabaya Serahkan SDN Tahan Gempa di Kaki Gunung Rinjani

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya di SDN 1 Obel Obel, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Selasa (28/5/2019). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya bersama sejumlah pelajar dari Surabaya menyerahkan bangunan SDN 1 Obel Obel, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Selasa (28/5/2019).

Sekolah ini dibangun dari donasi masyarakat Surabaya dan bantuan Pemkot Surabaya. Risma mengatakan, tujuan menyalurkan bantuan ke daerah yang posisinya di kaki Gunung Rinjani bagian timur ini, karena beberapa titik bencana gempa di perkotaan sudah tersentuh bantuan dari lembaga lain.

“Saya ngirim staff saya, dan saya perintahkan agar mencari lokasi dampak bencana yang belum mendapat perhatian. Jadi saya putuskan membantu di Obel Obel ini,” ujarnya dalam sambutannya.

Desa yang dihimpit pantai dan kaki Gunung Rinjani ini, termasuk daerah terdampak parah dari kejadian lima gempa di tahun 2018 lalu.

Daerah ini sangat jauh dari pusat kota. Jarak tempuh dari Bandara International Lombok ke Obel Obel mencapai 3 jam perjalanan dengan jalan menanjak dan berkelok.


Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya di SDN 1 Obel Obel, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Selasa (28/5/2019). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Perjalanan Risma bersama jajarannya dari Bandara sekitar pukul 12.00 WITA dan sampai di Obel Obel pukul 14.44 WITA. Perjalanan melewati Kota Praya Lombok Tengah hingga ke perbukitan kaki Rinjani.

Selain menyerahkan bangunan sekolah tahan gempa senilai Rp 1,5 Miliar ini, rombongan Risma juga membawa sejumlah perangkat pembelajaran dan perangkat olah raga seperti bola dan raket. Risma meminta 10 pelajar SD dan SMP yang ikut dalam rombongan agar menyerahkan sendiri bantuan bola dan raket kepada pelajar SD Obel Obel.

“Serahkan sendiri ayo anak-anak,” kata Risma.

Selepas menyerahkan bantuan secara simbolis, Risma dan pelajar kemudian membaur dengan anak-anak SD Obel Obel untuk bermain sejenak. Setelah itu, baru bergeser lagi ke Bandara untuk persiapan balik ke Surabaya.

Sukiman Azmi Bupati Lombok Timur mengaku sangat berterima kasih atas kepedulian warga Surabaya. Selain itu, kedatangan Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya ke Lombok Timur menurutnya akan menjadi berkah di bulan suci Ramadhan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Ibu Risma, kepada masyarakat Surabaya. Silaturahmi ini akan jadi barokah di bulan Ramadhan,” katanya. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs