Kamis, 2 Mei 2024

Wujudkan Kampus Berkualitas Internasional, Unesa Resmikan Tujuh Gedung Baru

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Gedung Perpustakaan Unesa mendukung e-learning yang diresmikan Mohamad Nasir Menristek Dikti, Rabu (20/2/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) meresmikan tujuh gedung baru di dua kampus dalam rangka mengukuhkan dirinya sebagai kampus berkualitas Internasional pada Rabu (20/2/2019).

Tujuh gedung ini merupakan rangkaian megaproyek 7in1 bernilai Rp300 miliar dengan dana dari Loan Islamic Development Bank (IsDB).

Nurhasan Rektor Unesa mengatakan, pembangunan selama 1 tahun 5 bulan sejak 2017 lalu ini, kini sudah bisa dirasakan manfaatnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Menjadi kampus yang mampu bersiang dengan kampus lain dalam hal pengembangan pendidikan, riset, dan pengabdian masyarakat,” kata Nurhasan ketika memberi sambutan dalam peresmian tujuh gedung baru di Kampus Unesa Lidah Wetan pada Rabu (20/2/2019).

Tujuh gedung baru ini dibangun di dua kampus Unesa. Dua gedung di kampus Ketintang yaitu Gedung Laboratorium Teknologi dan Kewirausahaan, serta gedung Laboratorium Sains.

“Dua gedung di kampus ketintang tersebut diharapkan menjadi pusat pengembangan sains dan teknologi. Sebagai tempat lahirnya sejuta publikasi ilmiah yang berkualitas dan inovasi-inovasi sains dan teknologi tanpa batas,” ujarnya.


Mohamad Nasir Menristek Dikti, saat menandatangani prasasti peresmian tujuh gedung baru di Kampus Unesa Lidah Wetan, Rabu (20/2/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Sedangkan, lima gedung lainnya berada di kampus Lidah Wetan masing-masing yaitu Gedung Continuing Program Development (CDP), gedung Fakultas Seni dan Desain, Gedung Student Center, Gedung Perpustakaan yang mendukung e-learning, dan Gedung PLB yang melayani pendidikan untuk penyandang disabilitas.

Di sisi lain, Mohamad Nasir Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) yang hadir dalam peresmian ini mengatakan, peresmian gedung baru ini diharapkan bisa menaikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

“Unesa merupakan kampus keempat yang diresmikan dalam rangkaian megaproyek 7in1 yang dibangun oleh Islamic Development Bank (IsDB),” ujar Nasih ketika ditemui usai peresmian di lokasi pada Rabu (20/2/2019).

Sebagai informasi, sebelumnya sudah ada tiga kampus yang telah diresmikan dalam rangka 7in1 ini, yaitu Universitas Tanjungpura Pontianak, Universitas Negeri Gorontalo, dan Universitas Negeri Jogjakarta. Setelah Unesa, Menristekdikti akan meresmikan gedung di kampus Lambung Mangkurat , Universitas Samratulangi di Manado, dan Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh. (bas/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs