Kamis, 2 Mei 2024

Wujudkan Visi Internasional, STIE Perbanas Kirim Mahasiswa ke Filipina

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pelepasan mahasiswa dan dosen STIE Perbanas Surabaya ke Filipina. Foto: Humas STIE Perbanas Surabaya

Wujudkan visi kampus berwawasan global, STIE Perbanas Surabaya, kirimkan 13 mahasiswa dan 4 dosen ke Mountain Province State Polytecnic College (MPSPC) Philippines, Filipina.

Mewujudkan kampus global, STIE Perbanas Surabaya terus lakukan kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di luar negeri. Tahun 2018 ikuti Summer School Program di Utrecht University The Netherlands, Belanda.

Tahun 2019 ini, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Surabaya melalui International Office menyelenggarakan Student and Lecturer Exchange Program, dengan mengirimkan 13 mahasiswa bersama 4 dosen ke luar negeri.

Ke 13 mahasiswa dan 4 dosen yang dikirim ke luar negeri itu diarahkan ke Mountain Province State Polytecnic College (MPSPC) Philippines, Filipina. Dan dijadwalkan berangkat pada Rabu (3/4/2019).

Ke empat dosen yang diberangkatkan, adalah: Dr. Djuwari, M.Hum, Dr. Luciana Spica Almilia, S.E., M.Si., Dr. Muazaroh, S.E., M.T., dan Dr. Rovila El Maghviroh, M.Si., Ak., dan akan mendampingi 13 mahasiswa yang berada di Filipina selama sepekan.

Delegasi yang berangkat menuju Filipina selama sepekan ini dijadwalkan bakal bertukar informasi di berbagai bidang seperti pendidikan, pengajaran, kebudayaan, penelitian, hingga bisnis yang dikembangkan oleh kampus maupun negara Filipina.

Sedangkan delegasi Filipina atau perwakilan dari Mountain Province State Polytecnic College (MPSPC) Philippines, dijadwalkan akan mengunjungi Indonesia tepatnya ke kampus STIE Perbanas Surabaya pada bulan Juli 2019.

Dr. Rovila El Maghviroh, M.Si., Ak., head of international office STIE Perbanas Surabaya, menyampaikan tahun ini kampusnya telah bekerjasama dengan Mountain Province State Polytecnic College (MPSPC) Philippines dan Utrecht University The Netherlands.

Selain bekerjasama dengan dua kampus tersebut, dirinya bersama dengan tim juga telah menjajaki kerja sama dengan Rajamangala University of Technology Krungthep Thailand.

Kerjasama itu diwujudkan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang diwakili head of international affairs Rajamangala University of Technology Krungtheps Thailand, Nico Irawan, Senin (1/4/2019) lalu.

Lebih lanjut, Dr. Rovila El Maghviroh, M.Si., Ak., menceritakan semua mahasiswa yang didelegasikan ini sudah melewati seleksi untuk mendapatkan scholarship, mulai dari motivation letter, focus group discussion, hingga interview. “Semua tahapan seleksi menggunakan bahasa Inggris,” kata Rovila.

Bertempat di Auditorium Kampus 1 STIE Perbanas Surabaya, Selasa (2/4/2019) semua mahasiswa dan dosen yang didelegasikan tersebut mengikuti seremonial pelepasan, ditandai dipakainya jaket dan foto bersama pimpinan STIE Perbanas Surabaya.

Dr. Yudi Sutarso, S.E., M.Si., Ketua STIE Perbanas Surabaya, dalam sambutannya menyatakan kegiatan ini merupakan bentuk dukungan pihak kampus dalam membekali mahasiswa agar berwawasan global.

Sesuai visi kampus, mahasiswa sebelum lulus setidaknya memiliki pengalaman internasional, salah satunya dengan exchange program tersebut.

“Ini adalah rangkaian program visi perbanas tentang wawasan global. Indikator riilnya, mereka (mahasiswa) bisa ke luar negeri untuk mengikuti kegiatan akademik maupun non-akademik,” terang Yudi Sutarso.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs