Minggu, 28 April 2024

FGD PENS: Pendidikan Vokasi Penting Jangkau Industri

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Prof. Marito Garcia Ph.D., konsultan ADB dari Darden School of Business University of Virginia, Amerika Serikat, nara sumber FGD di PENS. Foto: Humas PENS

Penyelenggaraan Focus Group Discussion (FGD) mengupas pendidikan vokasi dalam menjangkau industri di masa mendatang digelar Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) atas inisiatif Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi Kemenristekdikti.

FGD yang digelar di Gedung Pascasarjana PENS menghadirkan nara sumber Prof. Marito Garcia Ph.D., konsultan ADB dari Darden School of Business University of Virginia, Amerika Serikat.

Beberapa hal yang dipaparkan Prof. Marito, diantaranya mengenai arah pendidikan vokasi dan teknologi pembelajaran daring dalam era Revolusi Industri 4.0. Marito juga menyebutkan bahwa politeknik harus terus meningkatkan kualitas pendidikan vokasi agar selaras dengan permintaan industri.

“Pendidikan vokasi dan teknologi pembalajaran secara daring di era Revolusi Industri 4.0 menjadi sangat penting. Politeknik wajib terus menerus meningkatkan mutu dankualitas pendidikan vokasi yang ada agar memenuhi kebutuhan industri di masa mendatang,” terang Marito.

Pemerintah, lanjut Marito seharusnya juga melakukan perluasan jaringan serta konektivitas, khususnya pada area-area atau kawasan-kawasan yang sampai saat ini masih belum terjangkau oleh internet. Sehingga siapapun dapat mempelajari perkembangan teknologi dari seluruh dunia secara daring.

Sementara itu, ditambahkan Ir. Ridwan M.Sc., Direktur Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi, bahwa FGD di PENS kali ini merupakan sarana untuk peserta menggali berbagai informasi terkait pengembangan pendidikan politeknik dan pembelajaran secara daring (online).

“FGD kali ini menjadi ajang bagi peserta untuk dapat langsung berinteraksi dan menggali informasi dari pemateri terkait pengembangan pendidikan politeknik sekaligus pembelajaran secara daring, secara online. Ini sangat dibutuhkan di masa mendatang,” tegas Ridwan, Kamis (1/8/2019).

FGD yang digelar di kampus PENS ini dihadiri oleh para direktur politeknik negeri se Indonesia dan beberapa perwakilan dari Kemenristekdikti.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs