Sabtu, 20 April 2024

Hari Musik Nasional: Ajak Generasi Muda Cintai Komposisi Negeri Sendiri

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Upacara sederhana di makam WR Soepratman memperingati Hari Musik Nasional 2019 di Surabaya. Foto: istimewa

Diikuti puluhan peserta diantaranya pelajar, mahasiswa, komposer, musisi, aktivis seni, serta sejumlah aparatur sipil negara (ASN), Sabtu (9/3/2019) bertempat di makam WR Soepratman digelar upacara sederhana peringati Hari Musik Nasional.

Upacara sederhana tersebut ditandai dengan menyanyikan Indonesia Raya, serta tabur bunga di pusara WR Soepratman di kompleks pemakaman WR Soepratman di kawasan Jl. Rangkah Surabaya.

Nasar Batati kepala kompartemen bidang musik Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT) yang hadir di kegiatan tersebut menyampaikan bahwa upacara sederhana kali ini memang untuk memperingati Hari Musik Nasional 2019.

“Kami pilih makam WR Soepratman lantaran beliau sosok yang sederhana tetapi mampu menghasilkan karya luar biasa yang menggelorakan masyarakat negeri ini. Semoga ini jadi inspirasi juga bagi generasi muda kita untuk meniru jejak Wage Rudolf Soepratman,” terang Nasar Batati.

Lebih lanjut Nasar ingin mengajak anak-anak muda dan generasi muda negeri ini, termasuk anak-anak muda di Kota Surabaya untuk mencintai karya-karya bangsa sendiri khususnya dibidang musik dan kesenian.

“Kekayaan negeri ini bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak muda untuk menghasilkan karya-karya luar biasa. Karena itu, kami pilih makam WR Soepratman sebagai lokasi peringatan Hari Musik Nasional juga agar memberikan pengingat bagi mereka bahwa kita punya WR Soepratman yang dengan karya-karyanya mengharumkan bangsa,” tegas Nasar.

Usai upacara, sebelum tabur bunga, beberapa siswa tampil untuk menyanyikan komposisi-komposisi Indonesia sebagai penghormatan terhadap WR Soepratman, dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional 2019.(tok/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs