Kamis, 25 April 2024

Hasil Giat Penyekatan, Polda Jatim: Tidak Ada Pemberangkatan Massa ke Jakarta

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Giat penyekatan dilakukan, dengan mengecek seluruh kendaraan besar seperti bus di Jembatan Suramadu, Rabu (26/6/2019), sekitar pukul 23.00 WIB. Foto: Istimewa

Kombes Pol Frans Barung Mangera Kabid Humas Polda Jatim mengatakan, kondisi Jatim sampai saat ini masih kondusif. Terutama menjelang sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Terkait isu adanya pergerakan sejumlah massa Jatim ke Jakarta, dipastikan tidak benar. Sebelum pelaksanaan sidang putusan Mahkamah Konstitusi (MK), pihak kepolisian melakukan pemantauan di sejumlah titik.

Seperti yang dilakukan di Jembatan Suramadu, Rabu (26/6/2019), sekitar pukul 23.00 WIB. Giat penyekatan dilakukan, dengan mengecek seluruh kendaraan besar seperti bus. Hasilnya, tidak ada pergerakan massa atau rombongan yang berangkat seperti yang beredar di media sosial.

“Jadi isu yang pemberangkatan massa dengan 20 bus, itu tidak ada. Kami sudah melakukan sosialisasi dan kerja sama dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lain-lain untuk menolak pergerakan massa ke MK. Sampai pukul 12.30 WIB, situasi di MK dampak dari Jatim tidak ada,” jelasnya.

Dia berharap, masyakarat turut berperan untuk menjaga kondusifitas di Jatim. Pihak kepolisian bersama TNI masih terus melakukan pengamanan di beberapa objek vital. Ini untuk mengantisipasi hal-hal yang nantinya berkembang di MK.

“Harapan seluruh tokoh untuk menjaga kondusifitas. Lebih elegan kalau menyaksikan sidang ini lewat media atau televisi. Karena kan disiarkan langsung. Tapi sejauh ini aman, bahwa sampai sekarang TNI dan Polri akan mengantisipasi,” pungkasnya. (ang/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs