Jumat, 19 April 2024

Indonesia Scholarship Festival Surabaya: Akses Untuk Berburu Beasiswa

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Suasana Indonesia Scholarship Festival (ISF) di Airlangga Convention Center Unair Kampus C Mulyosari, Surabaya, Jumat (8/2/2019). Foto: Wilys untuk suarasurabaya.net

Setelah sukses digelar di Jakarta dan Yogyakarta, giliran Surabaya yang disambangi oleh Indonesia Scholarship Festival (ISF). Dengan tajuk “Mengintegrasikan Pendidikan dengan Inovasi menuju Generasi Emas Indonesia Tahun 2045”, acara ini sukses menyedot antusiasme lebih dari 9200 pengunjung. ISF gratis dan dibuka untuk umum, bertempat di Airlangga Convention Center Unair Kampus C Mulyosari, Surabaya, Jumat (8/2/2019).

Shabahul Arafi Eksekutif Director ISF mengatakan, ISF merupakan sebuah bentuk kontribusi dari Koperasi Cempaka LPDP untuk memperluas akses putra putri bangsa Indonesia guna memperoleh pendidikan yg lebih baik.

ISF di Surabaya kali ini, diisi oleh 37 exhibitor dari berbagai lembaga. Yakni, 16 universitas luar negeri, enam universitas terbaik dalam negeri, tujuh lembaga pemberi beasiswa luar negeri, dua lembaga beasiswa dalam negeri, tiga start up dan tiga lembaga bahasa.

“Jadi orang kumpul disini, sudah bisa tercover semuanya dan tercapai cita-citanya. Diharapkan nanti dari segi bahasanya siap, bagaimana dia mendapat beasiswa siap, lembaga beasiswa juga ada, universitasnya ada, nanti tinggal berangkat saja,” kata Arafi.


Suasana pengunjung ISF yang berantusias mencari informasi ke berbagai booth. Foto: Wilys untuk suarasurabaya.net

Harapannya, lanjut Arafi, semoga dengan adanya acara ini, putra putri terbaik Indonesia bisa mendapatkan akses untuk mencapai mimpinya. Dan pada tahun 2045, tepat 100 tahun Indonesia merdeka, pendidikan dan inovasi jadi hal utama di negara ini.

Arafi juga mengungkapkan, antusiasme dari para pengunjung sangat baik sekali. Selain dari Surabaya, juga ada beberapa pengunjung yang berasal dari daerah lain di Jawa Timur dan bahkan luar Pulau Jawa.

“Seharusnya berbagai lembaga baik swasta maupun pemerintah, juga mengadakan acara serupa yang lebih besar. Karena ini kita kan masih di Jawa, belum lagi orang dari luar Jawa yang pastinya ingin mencari akses beasiswa,” terangnya.

Sementara itu, Bela Ayu mahasiswa UPN Veteran Jatim yang juga salah satu pengunjung mengatakan, dirinya sangat terbantu dan banyak mendapatkan informasi untuk program magister nya di luar negeri.

“Dengan adanya festival seperti ini, tentu sangat membantu untuk mendapat informasi tentang program-program dari berbagai universitas atau lembaga beasiswa. Memang sedikit disayangkan, jarak antar booth kurang luas mengingat antusisme pengunjungnya sangat besar. Semoga tahun depan ada lagi dan booth nya bisa diperluas biar lebih nyaman lagi,” kata Bela.

Sekadar diketahui, Indonesia Scholarship Festival (ISF) tahun ini adalah kali pertama diselenggarakan sendiri oleh Koperasi Cempaka tanpa sponsor utama. Selain pameran beasiswa, ISF juga menghadirkan beberapa seminar yang diisi oleh komunitas dan start up, workshop dan simulasi TOEIC, TOEFL, ELTS. Serta disediakan pula empat kelas untuk coaching clinic yang diisi oleh beberapa universitas dan lembaga secara bergantian setiap 45 menit. (wil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs