Jumat, 29 Maret 2024

Jokowi: ASEAN dan Korea Memiliki Potensi Besar di Bidang Industri Kreatif

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Joko Widodo Presiden saat dalam forum ASEAN-Republic of Korea (RoK) CEO Summit yang dihelat di Busan Exhibition and Convention Center (BEXCO) pada Senin (25/11/2019). Foto: Biro Pers Setpres

Sumber Daya Manusia adalah kunci bagi lompatan ekonomi sebuah negara. Untuk itulah, Joko Widodo Presiden mengingatkan pentingnya revitalisasi pendidikan guna menciptakan link and match antara pendidikan dan dunia kerja.

Pernyataan ini disampaikan Jokowi Presiden ketika menyampaikan tentang perlunya terobosan dalam peningkatan kualitas SDM.

Dalam forum ASEAN-Republic of Korea (RoK) CEO Summit yang dihelat di Busan Exhibition and Convention Center (BEXCO) pada Senin (25/11/2019), Jokowi Presiden menyampaikan tiga terobosan, dua terobosan lainnya adalah pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan pengembangan energi terbarukan mutlak harus dilakukan.

“SDM juga kunci bagi sebuah negara untuk antisipasi potensi ekonomi masa depan,” ucapnya berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Bahkan, Jokowi berpandangan bahwa ekonomi masa depan adalah industri kreatif dan digital.

“ASEAN dan Korea memiliki potensi besar dalam industri kreatif,” tutur Jokowi Presiden.

Presiden menyebutkan dalam Bloomberg Innovation Index pada tahun 2014-2017 menempatkan Korea Selatan pada peringkat teratas di sektor industri kreatif.

“Ekspor industri kreatif ROK menyumbang USD 5,79 miliar ke perekonomian nasionalnya. ASEAN dengan lebih dari 647 juta penduduk merupakan aset bagi pengembangan industri kreatif,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut Presiden menyebutkan bahwa penguatan kerjasama ekonomi kreatif ASEAN dan Korea akan menjadi lompatan besar di kawasan.

Dalam konteks tersebut, Indonesia telah mengeluarkan peta jalan Making Indonesia 4.0 untuk membangun industri yang berdaya saing global di era digital.

“Industri kreatif dan digital adalah salah satu The Next Big Thing Indonesia. Indonesia saat ini menjadi tuan rumah perusahaan-perusahaan Decacorn, Unicorn dan Startups,” ucap Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga mengundang partisipasi pelaku usaha Korea Selatan dalam mendukung tumbuh kembang Startups di Indonesia yang potensinya masih sangat besar.(tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs