Senin, 29 April 2024

Kapolrestabes: Kami Sudah Petakan Daerah Jadi Atensi Pelaku Kejahatan di Surabaya

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Kombes Pol Sandi Nugroho Kapolrestabes Surabaya saat serah terima jabatan dengan Kombes Pol Rudi Setiawan mantan Kapolrestabes Surabaya. Foto: dok suarasurabaya.net

Polrestabes Surabaya sudah memetakan daerah-daerah di Surabaya yang berpotensi menjadi atensi pelaku kejahatan 4C menjelang lebaran 2019.

Kombes Pol Sandi Nugroho Kapolrestabes Surabaya mengatakan, kejahatan 4C meliputi pencurian biasa (Curbis) pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), pencurian dengan kekerasan (Curas) dan pencurian dengan pemberatan (Curat).

“Kami sudah petakan daerahnya agar masyarakat bisa menyiapkan Idul Fitri dan melaksanakan kegiatan dengan aman dan nyaman,” kata Sandi pada Radio Suara Surabaya.

Kata Sandi, kejahatan yang terjadi di Surabaya masih cenderung terjadi pada malam hari menuju pagi hari. “Kita giatkan patroli skala besar (bekerjasama dengan TNI dan Linmas, red) dan skala kecil (bekerjasama dengan polsek-polsek jajaran, red),” ujarnya.

Sementara itu, lanjut dia, untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan kejahatan juga sudah diantisipasi. Diantaranya dengan membentuk unit reaksi cepat dari Sabhara atau Resmob yang secara tertutup sudah ditempatkan di lokasi tertentu. “Bila ada kejadian akan segera ditindaklanjuti,” katanya.

Kombes Pol Sandi berharap, pengamanan selama lebaran 2019 ini juga didukung penuh oleh masyarakat dan stake holder yang ada di Surabaya.

“Karena hal ini tidak akan maksimal kalau tidak ada kerjasama atu informasi dari masyarakat. Sehingga kami bisa segera menuntaskan pekerjaan yang harus kita tuntaskan termasuk menanggulangi tren ancama kriminalitas. Atau bahkan meniadakan aksi kriminalitas di Surabaya,” pungkasnya. (dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs