Sabtu, 27 April 2024

Kekeringan Landa Jatim, Pakar: Pemerintah Harus Lakukan Langkah Ini

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Antara

Pemerintah harus menghutankan hutan kembali dan membuat sumur bor untuk mengatasi kekeringan di Jawa Timur. Pasalnya sampai saat ini tercatat ada 25 kabupaten di Jawa Timur yang mengalami kekeringan. Ini disampaikan Amien Widodo Pusat Pakar Geologi, Selasa (23/7/2019).

Jika dilihat dari sejarahnya, kata Amien, kekeringan yang melanda wilayah Jawa Timur memang sudah terjadi bertahun-tahun. Penanganannya adalah dengan mengirim air, menghutankan kembali gunung.

“Kalau di desa dan di gunung nggak masalah, kalau di kota yang harus diatur untuk reboisasi harus dipercepat. Langkah lain ya harus distek biar lebih cepat tumbuh dan akan lebih cepat besar. Kalau reboisasi butuh waktu lama,” kata Amien pada Radio Suara Surabaya.

Selain itu, lanjut Amien, juga harus didukung oleh masyarakat misalnya jangan boros air. Karena BMKG sudah mengumumkan musim kemarau akan berlangsung lebih lama.

“Kampanye hemat air harus dilakukan karena jika musim kemarau berlangsung lebih lama maka akan berdampak,” pungkasnya. (dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs