Kamis, 18 April 2024

Ketua PP GP Ansor: Konferwil PW Anshor Jatim Paling Lambat Akhir Juli

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Yaqut Cholil Qoumas Ketua Pengurus Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Anshor di acara Buka Bersama dan Silaturahmi dengan Kader GP Anshor Jatim di Surabaya, Minggu (2/6/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net

Yaqut Cholil Qoumas yang akrab disapa Gus Yaqut Ketua Pengurus Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Anshor menargetkan, Konferensi Wilayah (Konferwil) GP Anshor Jatim diselenggarakan maksimal akhir Juli 2019 mendatang.

“Karena ada dinamika politik yang kita tahu terjadi di Jakarta pada 22 Mei kemarin, serta adanya dorongan dari sejumlah pimpinan cabang, kami memutuskan Konferwil ini ditunda setelah Lebaran,” ujarnya, Minggu (2/6/2019).

Konferwil GP Anshor Jatim, kata Gus Yaqut, akan dicarikan waktu yang pas menunggu terjadinya stabilitas politik tanah air pascapemilihan presiden 2019 lalu.

Pertimbangan lainnya, PP GP Anshor memutuskan penundaan Konferwil mengingat kurang afdalnya konferensi bila diselenggarakan pada Bulan Ramadan.

“Puasa-puasa begini konferensi kan kurang afdal, energinya cuma separuh, dinamikanya nanti juga kurang seru,” kata Gus Yaqut di acara Buka Bersama dan Silaturahmi dengan Kader GP Anshor Jatim di Surabaya.

Sementara Konferwil belum digelar, terjadi kekosongan kepemimpinan di tubuh organisasi Pengurus Wilayah (PW) GP Anshor Jawa Timur.

Masa penunjukan kepemimpinan Mohammad Abid Umar Faruq sebagai Ketua PW GP Anshor telah habis per 30 Mei lalu. Yaqut menegaskan tidak ada penunjukan ulang kepada Gus Abid sebagai Ketua PW.

“Kami sudah putuskan, akan jadi preseden tidak baik bagi organisasi bila sudah habis masa penunjukan kami lakukan penunjukan lagi. Kami tugaskan care taker untuk menyiapkan Konferwil paling lambat akhir Juli,” ujarnya.

Gus Yaqut menyebutkan, PP GP Anshor sudah menunjuk seorang care taker yang merupakan salah satu Ketua GP Anshor pusat bernama Abdul Hadad Aqsa. Care taker inilah yang nanti akan mengurus persiapan Konferwil di Jatim.

Sekadar diketahui, sejauh ini sudah muncul tiga nama Calon Ketua PW GP Ansor Jatim yang akan mencuat di Konferwil Jatim mendatang. Hal ini juga sudah dibenarkan Gus Yaqut dalam pertemuan di Surabaya.

Ketiganya antara lain Syafiq Syauqi Ketua PC GP Ansor Tuban, Mohammad Abid Umar Faruq Ketua PW GP Ansor Jatim, dan Mochamad Nur Arifin Bupati Trenggalek yang juga Sekretaris PW GP Anshor Jatim.(den/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
26o
Kurs