Kamis, 18 April 2024

Khofifah: Habibie-Ainun Teladan Kehidupan Rumah Tangga

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim saat menggelar salat gaib di Masjid Al-Akbar Surabaya pada Kamis (12/9/2019) subuh. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur mengatakan, Almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie Presiden ke-3 Republik Indonesia dan Almarhumah Hasri Ainun Besari istrinya adalah teladan kehidupan rumah tangga. Menurutnya, kesetiaan keduanya hingga ajal menjemput patut diteladani dan menjadi referensi rumah tangga masyarakat Indonesia.

“Saya rasa kita hari ini punya referensi kehidupan rumah tangga seperti yang juga diberikan keteladanan oleh Prof. B.J. Habibie. Ketahanan keluarga penting untuk menjadi basis ketahanan nasional. Itu ditunjukkan oleh seorang Prof. B.J. Habibie,” ujar Khofifah usai menggelar salat gaib mendoakan alm. B.J. Habibie di Masjid Al-Akbar Surabaya pada Kamis (12/9/2019) subuh.

Bukti kesetiaan dan kecintaan Habibie pada istrinya telah banyak diketahui masyarakat Indonesia. Khofifah bercerita, ia banyak mendapat cerita tentang Habibie yang rajin mengunjungi makam istrinya di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata.

“Saya kebetulan sempat dapat mandat di Kementerian Sosial. Saya relatif rajin ke Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata. Kan Itu dalam koordinasi Kementerian Sosial. Pak Habibie, semua orang mengenal, begitu cintanya kepada seorang Ibu Ainun Habibie. Saya mendapat informasi dari hari pertama hingga 40 hari wafatnya Ibu Ainun, tiap malam Pak Habibie ada di makamnya Bu Ainun Habibie,” jelas Khofifah.

“Setiap saya ke TMP, saya selalu melihat ada bucket bunga yang selalu fresh. Semua orang tahu, Pak Habibie minta disediakan ruang di sebelahnya Bu Ainun ketika beliau dipanggil oleh Allah. Artinya, Pak Habibie punya cinta yang luar biasa pada istrinya beliau, almarhuma Bu Ainun Habibie,” lanjutnya.

Khofifah juga dipastikan akan hadir dalam pemakaman B.J. Habibie siang ini. Kepada awak media ia mengaku akan terbang dari Surabaya pada pukul 6.15 WIB pagi ini ditemani humas Pemprov Jatim.

“Saya ingin memberikan khidmat, penghormatan terakhir, pada Prof. B.J. Habibie,” katanya.

Seperti diketahui, Bacharuddin Jusuf Habibie Presiden ke-3 Republik Indonesia meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019) pada pukul 18.05 WIB karena sakit. Dalam usia 83 tahun, ia menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta. Rencananya, alm. B.J. Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata disamping Almarhumah Ainun Habibie istrinya siang ini, Kamis (12/9/2019). (bas/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
31o
Kurs