Jumat, 19 April 2024

Konselor: Era 4.0, Ibu Berusaha Jadi Generasi Milenial Mengikuti Anaknya

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Desain grafis: Grafis suarasurabaya.net

Memasuki era 4.0 ini, mulai terjadi pergeseran pola pikir antara ibu dan anak. Ibu berusaha jadi generasi milenial juga untuk mengikuti anak-anaknya.

“Makanya akan terjadi perubahan pola pikir yang dipaksakan yang menyebabkan orang tua yang harus mengikuti anaknya,” kata Bagus Sanyoto Konselor Pendidikan dan Keluarga pada Radio Suara Surabaya.

Untuk cara berkomunikasi antara ibu dan anak, kata Bagus, saat ini lebih banyak tidak berhadapan langsung sehingga makin ada jarak. “Kalau sekarang sudah melalui chat dan telepon yang menyebabkan jarak semakin ada antara ibu dan anak,” ujar dia.

Kata Bagus, ibu sekarang jadi lebih lemah daripada fulu. Pasalnya, fisik itu faktor penting untuk terjaganya komunikasi antara ibu dan anak.

Seorang ibu atau orang tua harus tetap menjaga kehormatannya pada anak. “Orang tua itu membimbing dan mendidik kita. Memang kita harus memenuhi kebutuhan anak. Tapi jangan terlalu memanjakan anak dengan kehadiran alat seperti gadget,” katanya.

Bagus berpesan, untuk para ibu dan calon ibu untuk menjadi seperti matahari yang menyinari bumi tanpa meminta imbalan. (dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs