Jumat, 29 Maret 2024

Menteri Perindustrian: Apple Developer Academy Segera Beroperasi di Surabaya

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Airlangga Hartarto Menteri Perindustrian. Foto: Dok./Farid suarasurabaya.net

Airlangga Hartarto Menteri Perindustrian mengatakan, Apple Developer Academy akan mulai beroperasi di Surabaya, sekitar akhir bulan Maret atau menjelang April 2019.

Surabaya menjadi kota kedua di Indonesia sesudah Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten, yang menjadi pusat pelatihan pengembangan sistem operasi Apple (iOS).

Menurut Airlangga, Apple berkomitmen menanamkan modal 44 juta Dollar AS atau sekitar Rp615 miliar di Indonesia, dalam bentuk tiga akademi pengembangan yang targetnya terealisasi sebelum 2020.

“Menjelang April 2019 akan ada lagi Apple Developer Academy di Surabaya. Nantinya akan ada lagi akademi pengembangan Apple yang rencananya dibangun di daerah Batam, Kepulauan Riau,” ujar Airlangga di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Indonesia menjadi negara ketiga di dunia sesudah Brasil dan Italia, dan negara pertama di kawasan Asia yang punya Apple Developer Academy.

Menteri Perindustrian berharap, Apple Developer Academy menghasilkan talenta pengembang aplikasi yang bisa membangun ekosistem industri aplikasi berbasis iOS.

Lebih lanjut, Airlangga menegaskan, kepercayaan Apple menanamkan modal di Indonesia, menjadi bukti pemerintahan Joko Widodo berhasil membangun iklim investasi yang kondusif.

“Dunia internasional mengapresiasi peta jalan Indonesia menuju revolusi industri jilid empat (4.0). Peran aktif Pemerintah Indonesia memberikan pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM juga akan diikuti negara-negara lain,” katanya.

Sekadar diketahui, Apple mendirikan pusat pengembangan di Indonesia untuk memenuhi persyaratan konten lokal bagi produk 4G LTE yang diedarkan di Indonesia.

Mulai tahun 2017, semua perangkat 4G LTE yang beredar di Indonesia termasuk ponsel pintar, minimum harus memenuhi 30 persen Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Nantinya, 200 orang peserta program itu akan mendapatkan berbagai fasilitas serta dibina oleh pengajar dari berbagai bidang, termasuk ahli yang didatangkan langsung dari markas Apple di Amerika Serikat. (rid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs