Sabtu, 27 April 2024

Pesan Nadiem Makarim ke Karyawannya: Gojek Dibangun dari Nol

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Nadiem Makarim Founder Gojek datang ke Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10/2019). Nadiem saat ini jadi Mendikbud di Kabinet Indonesia Maju. Foto: Farid/Dok. suarasurabaya.net

Nadiem Makarim Mantan CEO Gojek ditunjuk jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma’ruf Amin Presiden-Wakil Presiden 2019-2024.

Kepada karyawannya dia sampaikan pesan-pesan yang dikirim melalui surat elektronik (email) pada hari ini, Rabu (23/10/2019). Salah satu pesan itu, Nadiem mengingatkan bagaimana Gojek dibangun dari nol.

Nadiem juga mengenang kembali perjalanan pertumbuhan perusahaan aplikasi itu selama sembilan tahun terakhir dan menyampaikan harapannya untuk masa depan Gojek.

“Gojek dimulai dari nol, hanya bermodal tekad yang kuat untuk membawa perubahan. Saat itu, kita melihat rumitnya lalu lintas Jakarta, padahal ada komunitas ojek yang bisa menjadi solusi jika saja ada yang mengorganisir mereka sehingga mereka dapat bekerja dengan lebih efisien,” pesan Nadiem dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net.

Dengan tekad itu, Nadiem menyebutkan bahwa Gojek berupaya memudahkan keseharian semua orang dengan dukungan begitu banyak partner bisnis, investor dan stakeholder. Gojek, kata Nadiem, telah menjadi ikon masa depan Indonesia dan Asia Tenggara.

“Saya pamit dari Gojek dan saya percayakan kepemimpinan pada dua sosok terbaik yang paling mumpuni, yaitu Kevin Aluwi dan Andre Soelistyo sebagai co-CEO. Keduanya memainkan peran kunci dalam membawa perusahaan yang bermula dari sebuah kantor kecil di Jakarta Selatan ke panggung dunia,” kata Nadiem.

Selain banyak keberuntungan yang didapat Gojek, Nadiem mengatakan, dia percaya keberuntungan menjalankan bisnis hanya akan memiliki nilai bila ada sosok-sosok brilian yang tahu cara memanfaatkan keberuntungan itu.

Kevin dan Andre, menurutnya, adalah mentor dalam perjalanan dirinya menjadi seorang leader (pemimpin). Keduanya, kata Nadiem, adalah talenta-talenta terbaik di Gojek, yang menjalankan perusahaan selama beberapa tahun terakhir.

“Membangun bisnis seperti Gojek sangat menguras tenaga dan emosi, tapi Andre dan Kevin selalu menghadapinya dengan kepala dingin dan komitmen yang tidak pernah padam. Tidak ada yang lebih tepat dari mereka untuk memimpin Gojek di fase pertumbuhan berikutnya,” kata Nadiem.

Dalam struktur baru kepemimpinan Gojek Andre akan fokus pada pengembangan strategi korporasi, meliputi pengelolaan alokasi modal, ekspansi internasional serta layanan pembayaran dan jasa keuangan.

Sementara Kevin, pada struktur baru itu akan fokus pada pengembangan produk Gojek, pemasaran, pengembangan organisasi, dan bisnis ride-hailing dan pesan-antar makanan.

Sebelum bergabung dengan Gojek, Kevin adalah sosok yang pernah bekerja di Zalora Indonesia, Merah Putih Inc., dan Salem Partners. Sedangkan Andre pernah menjadi Direktur Eksekutif di Northstar Group-private equity fund terbesar di Indonesia, juga pernah menjadi Head of Corporate Finance di Delta Dunia Makmur.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs