Jumat, 29 Maret 2024

Presiden: Iduladha Momentum untuk Meningkatkan Kesalehan Sosial

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden bersiap melaksanakan Salat Iduladha di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Minggu (11/8/2019). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden dan Iriana Joko Widodo Ibu Negara, hari ini, Minggu (11/8/2019), melaksanakan Salat Iduladha 1440 H di Lapangan Astrid, Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

Presiden dan Ibu Negara tiba di lokasi pukul 06.35 WIB. Jokowi Presiden memakai sarung dengan kemeja putih dan kopiah hitam di kepala.

Kedatangan Presiden bersama Pratikno Mensesneg disambut Bima Arya Sugiarto Wali Kota Bogor, Laksana Tri Handoko Kepala LIPI, dan R. Hendrian Kepala Kebun Raya Bogor.

Bertindak selaku khatib sekaligus imam dalam pelaksanaan salat Iduladha ini adalah H. Iqbal Subhan Nugraha Dosen Perguruan Tinggi An-Nuaimy Jakarta Selatan.

Khotbah yang disampaikan selepas Salat Iduladha di Kebun Raya Bogor bertema Berkurban adalah Stimulus untuk Meningkatkan Ibadah Sosial.

Usai melaksanakan Salat Id dan mendengarkan khotbah hari raya, Presiden dan Ibu Negara menyerahkan hewan kurban kepada Kepala LIPI yang juga Panitia Penyelenggara Iduladha 1440 Hijriah.

Tahun ini, Jokowi Presiden menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi peranakan Ongole Indonesia seberat 1 ton 2 kilogram.

Dalam keterangannya, Presiden berpesan agar momen Iduladha jadi pendorong untuk meningkatkan ikatan ketakwaan kepada Allah SWT dan juga ikatan hubungan antarmanusia.

Selain itu, momen Iduladha juga diharapkan bisa meningkatkan kesalehan sosial antarsesama masyarakat.

“Yang paling penting di hari raya Iduladha ini adalah dari sisi kurban, pengorbanan. Itu adalah dorongan kita untuk melakukan kesalehan sosial yang saya kira di negara kita masih terus harus kita dorong agar seluruh umat bisa melakukan itu dengan baik. Baik dengan teman, dengan tetangga, dengan saudara, dengan rekan sekampung, saya kira hal-hal yang berkaitan dengan kesalehan sosial itu harus terus kita dorong,” imbau presiden.

Sementara itu, Jusuf Kalla Wakil Presiden dan Mufidah Jusuf Kalla, melaksanakan Salat Iduladha di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan. (rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs