Jumat, 19 April 2024

Prof Burhan Bungin: Keseimbangan Teori dan Perangkat Dibutuhkan di Era Digital

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Laboratorium radio merupakan satu diantara laboratorium LCMC Universitas Ciputra Surabaya yang diresmikan. Foto: Totok suarasurabaya.net

Keterampilan menggunakan perangkat digital dalam bentuk apapun, menjadi dibutuhkan seiring kebutuhan di era saat ini, karena pengetahuan teori semata menjadi tidak bermakna tanpa langsung mencoba menggunakan perangkat-perangkat digital.

Itu disampaikan Prof Burhan Bungin Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Ciputra (UC) Surabaya saat launching Laboratory of Communications and Media Convergence (LCMC) di lantai 12 tower UC Surabaya, Rabu (24/4/2019).

“Pemahaman dan penguasaan teori saja saat ini memang tidak cukup. Dan keberadaan lab ini adalah untuk menyeimbangkan kemampuan teori dengan penguasaan atau keterampilan penggunaan dan pemanfaatan perangkat digital khususnya untuk Fikom. Ini penting, menjaga keseimbangan tadi,” terang Prof Burhan.

Burhan mengingatkan, bahwa kemampuan memahami teori akan menjadi kurang lengkap jika tidak bisa diaplikasikan dengan penggunaan perangkat yang ada dalam kaitannya dengan produk-produk informasi.

“Laboratorium ini sesungguhnya memang memberikan kesempatan kepada mahasiswa, khususnya fakultas ilmu komunikasi untuk langsung praktek mengaplikasikan teori yang mereka dapat di bangku kuliah sebelumnya,” kata Burhan.

Mengapa kebutuhan laboratorium komunikasi itu penting, Burhan menegaskan karena pada dasarnya perangkat-perangkat tersebut dari tahun ke tahun juga mengalami perubahan secara signifikan, dan mahasiswa butuh untuk pengalaman sebelum memasuki dunia kerja.

“Keseimbangan. Itu yang dibutuhkan mahasiswa Fikom, terkait laboratorium komunikasi. Teori-teori setelah mereka kuasai, butuh aplikasi dengan menggunakan perangkat-perangkat yang ada sebagai bagian untuk mengembangkan teori yang sudah didapat sebelum memasuki dunia kerja,” pungkas Burhan.

Laboratory of Communications and Media Convergence (LCMC) di lantai 12 tower UC Surabaya, Rabu (24/4/2019) secara resmi dibuka, dan akan dimanfaatkan mahasiswa Fikom untuk beraktivitas melengkapi perkuliahan.

LCMC tersebut terdiri dari laboratorium TV, laboratorium radio, laboratorium recording, laboratorium editing audio visual dan laboratorium public relations. Seluruh perangkat dialam laboratorium tersebut sudah disupport perangkat dengan tehnologi 4K.

Hilda Wono, Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra (UC) menambahkan bahwa dengan perangkat modern yang ada di LCMC, mahasiswa Fikom lebih dapat menyerap berbagai materi kuliah dan langsung praktek.(tok/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs