Sabtu, 18 Mei 2024

Putra Bung Tomo: Khofifah Itu Pejuang, Perjuangannya Tidak Ringan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa bersama Bambang Sulistomo setelah upacara peringatan Hari Pahlawan di Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (10/11/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net

Bambang Sulistomo putra Bung Tomo, orator yang menjadi salah satu Pahlawan Nasional dari Surabaya, mengatakan, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur adalah seorang pejuang.

“Ini kali pertama Bu Khofifah memperingati Hari Pahlawan sebagai Gubernur. Bu Gubernur ini pejuang. Bayangno, rek (bayangkan, red), berjuang sampai jadi Gubernur itu bukan perjuangan yang ringan,” katanya diikuti tawa Khofifah.

Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur yang juga Ketua Umum PP Muslimat itu memang tampak berjuang keras setelah tiga kali gagal dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Jawa Timur.

Sampai akhirnya, Mantan Menteri Sosial itu berhasil terpilih pada Pilgub Jatim 2018 setelah mengungguli Saifullah Yusuf calon gubernur petahana dalam hal perolehan suara.

Bambang Sulistomo menghadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional di Tugu Pahlawan itu sebagai tamu undangan. Sebelum pulang diantar Khofifah sampai ke mobilnya, dia sempat menyampaikan sesuatu tentang pahlawan.

Bambang mengatakan, seorang pahlawan mengorbankan sesuatu tanpa menghitung materi. Artinya, segala sesuatu bisa dicapai bila tidak hanya mengandalkan materi. “Nah, Bangsa ini sebetulnya bisa maju kalau tidak hanya memperhitungkan materi. Spiritual, rek,” katanya.

Menurutnya, Bangsa Indonesia memiliki kekuatan dalam hal spiritual. Konten-konten spiritual itulah yang menurutnya harus terus digali. Dengan demikian, pandangan bangsa ini dalam setiap hubungannya antarsesama tidak berdasarkan materi belaka.

“Jadi itung-itungannya, kita berhubungan (dengan sesama) bukan karena materi. Karena hubungan batin, kekuatan spiritual, kesamaan, kebangsaan, kebhinekaan. Itu yang harus kita gali bersama,” katanya.(den/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
29o
Kurs