Sabtu, 20 April 2024

SBMPTN ITS 2019: Jumlah Peminat Turun, Nilai UTBK Terbaik ke 4

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi. Sebuah aktivitas mahasiswa ITS. Foto: its.ac.id

Tahun ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menerima 1.602 calon mahasiswa baru pada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Yang menarik, rata-rata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) menduduki posisi keempat terbaik dari perguruan tinggi di Indonesia.

Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT Wakil Rektor I ITS Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, menyampaikan bahwa dari total yang diterima lewat SBMPTN di ITS, hanya terdapat 135 orang dari program beasiswa bidikmisi yang sukses menembus perguruan tinggi ini.

Jumlah tersebut sangatlah sedikit, pasalnya menurut peraturan setidaknya setiap perguruan tinggi bisa menampung mahasiswa bidikmisi sebanyak 20 persen dari kuota mahasiswa seluruhnya.

Sehingga, lanjut Adi, nantinya mahasiswa yang benar-benar membutuhkan bantuan dan belum sempat mendaftar bidikmisi juga bisa mendapatkannya.

Kemudian Uang Kuliah Tunggal (UKT) di ITS untuk mahasiswa jalur SBMPTN ini nantinya sekitar Rp 500 ribu-Rp 7,5 juta. “Tergantung dari pendapatan dan tanggungan dari masing-masing orang tua mahasiswa,” terang Adi, Selasa (9/7/2019).

Penerima mahasiswa terbanyak, tambah Adi dari jalur SBMPTN ini ada di Departemen Informatika sejumlah 101 orang. Dari total yang diterima, calon mahasiswa baru jalur SBMPTN ini mayoritas juga masih berasal dari Jawa Timur. Sedang sisanya berasal dari sejumlah daerah di seluruh nusantara.

Adi mengakui kalau memang peminat ITS pada SBMPTN tahun ini turun begitu drastis jika dibandingkan dengan tahun kemarin.

Namun demikian, ternyata kualitas dari calon mahasiswa baru ITS ini masih cukup tinggi yang dibuktikan dengan melihat rata-rata nilai UTBK mereka yang begitu baik.

Besar harapan Adi untuk calon mahasiswa baru ITS tersebut agar bisa memanfaatkan dengan baik kesempatan berkuliah di ITS yang tidak semua orang bisa menjalaninya.

Memang perkuliahan di ITS ini tidak begitu mudah, mereka tidak boleh santai setelah diterima di ITS. “Harus dapat berjuang dan berprestasi di kampus ini,” papar Adi yang juga Guru Besar Teknik Elektro ini.

Sementara itu, bagi pendaftar yang masih belum diterima di ITS lewat jalur SBMPTN tidak perlu khawatir. Masih ada jalur Progam Kemitraan dan Mandiri (PKM) dan Vokasi yang bisa mereka coba dengan menggunakan nilai UTBK yang telah mereka miliki.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs