Jumat, 19 April 2024

Stok Pangan Lebaran 2019 Aman, Satgas Pangan: Jangan Termakan Isu

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Kombes Pol Frans Barung Mangera Kabid Humas Polda Jawa Timur. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Satgas Pangan menyatakan stok pangan di Jawa Timur selama lebaran 2019 hingga enam bulan ke depan ini aman.

Kombes Pol Frans Barung Mangera Kabid Humas Polda Jawa Timur mengatakan, stok pangan di Jawa Timur saat ini masih terjaga dan tidak ada hal-hal yang mengkhawatirkan. Seperti kehilangan salah satu komoditas atau naiknya komoditas tertentu.

“Kenapa ini terjadi? Karena Pemprov Jatim selalu menyiapkan ketersediaan pangan ini agar selalu berada dalam siklus aman apalagi pada hari-hari tertentu. Harus dijaga betul,” kata Barung pada Radio Suara Surabaya.

Kata Barung, memang ada komoditas tertentu yang mengalami kenaikan tapi tidak terlalu signifikan. Ini karena demand tinggi namun supply tidak terlalu banyak.

Barung juga menyatakan, untuk lebaran 2019 ini tidak ada aksi penimbunan komoditas. “Kita harapkan pendistribusian komoditas sampai ke konsumen dan tidak ada kemacetan saat proses supply,” ujar dia.

Polda Jawa Timur dalam hal ini tim Satgas Pangan masih terus menjaga stok di pasaran dan pendistribusian agar berjalan baik. “Intinya saat msyarakat butuh ketersediaan tetap ada. Misal daya beli ada tapi barang tidak ada, kita akan alami kekhawatiran,” katanya.

Tentunya, kata Barung, proses penjagaan ketersediaan pangan ini juga harus didukung oleh masyarakat.

“Kami harapkan masyarakat juga jangan kikuk kalau ada isu-isu tidak benar termasuk soal pangan. Jangan telan-telan isu mentah terkait pangan ini karena di balik isu ini ada kepentingan dagang atau ekonomi untuk jatuhkan produk tertentu,” pungkasnya. (dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs