Kamis, 28 Maret 2024

16 Universitas di AS Tawarkan Kesempatan Bagi Pelajar Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Mark McGovern Konjen AS di Surabaya (kanan) berbincang dengan pengunjung pameran pendidikan tinggi di Amerika Serikat yang digelar di JW Marriot Hotel. Foto: Totok suarasurabaya.net

Education USA Fair yang diikuti sekurangnya 16 perwakilan perguruan tinggi dan universitas dari Amerika Serikat tawarkan kesempatan pendidikan terbaik bagi pelajar di Indonesia khususnya di Kota Surabaya.

Mark McGovern Konsul Jenderal (Konjen) Amerika Serikat di Kota Surabaya menyampaikan bahwa ini kesempatan yang cukup bagus bagi pelajar di Surabaya untuk dapat belajar di Amerika Serikat.

“Tidak hanya kesempatan belajar di Amerika Serikat. Tetapi dengan belajar di Amerika Serikat mereka juga akan menjadi perwakilan Indonesia di Amerika Serikat, untuk memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat di Amerika Serikat. Ini sangat menarik tentu saja bagi para pelajar,” terang Mark McGovern.

Lebih lanjut Mark menambahkan bahwa dengan belajar di Amerika Serikat praktis akan menambah jumlah orang Indonesia yang sedang belajar di Amerika Serikat sekaligus membangun konektivitas antara kedua negara dalam banyak bidang.

“Tentu saja ini akan menambah jumlah orang Indonesia yang belajar di Amerika Serikat sekaligus membangun koneksi sosial antar kedua negara. Khususnya bagi para pelajar Indonesia sendiri guna membangun generasi yang maju di berbagai bidang, seperti ekonomi dan sosial,” tambah Mark.

Ke 16 perwakilan universitas dan perguruan tinggi dari Amerika Serikat yang Selasa (11/2/2020) hadir di JW Marriot Hotel Surabaya, diantaranya adalah Full Sail University, Missouri Western State University, Institut Teknologi New Jersey, Northeastern University, San Mateo College of Sillicon Valey serta British Council dan beberapa perwakilan lainnya.

Usai membuka Pameran Pendidikan Tinggi Amerika Serikat, Mark McGovern Konjen AS di Surabaya menyempatkan diri melihat stand-stand pameran pendidikan yang mengikuti kegiatan pameran pendidikan tahunan tersebut.

Sementara itu, lebih dari 500 pelajar berbagai sekolah di Kota Surabaya hadir untuk mendapatkan informasi dari stand-stand yang ada terkait dengan kesempatan mendapatkan peluang pendidikan di berbagai perguruan tinggi dan universitas di Amerika Serikat.

Niken Putri satu diantara siswa SMA yang sempat mendapatkan informasi bagaimana pendidikan di Amerika Serikat, mengaku tertarik untuk membuat aplikasi dan menempuh pendidikan tinggi selanjutnya di Amerika Serikat.

“Sepertinya banyak pilihan program pendidikan yang sesuai dengan apa yang aku inginkan. Khususnya bidang desain visual. Kayaknya memang harus ke sana. Soalnya orang tua juga memberikan izin tapi harus serius belajarnya. Pameran pendidikan tinggi di AS ini lumayan membantu informasinya,” terang Niken.

Digelar hanya Selasa (11/2/2020), Pameran Pendidikan Tinggi Amerika Serikat ternyata juga memberikan kesempatan hadir di pusat konseling terkait dengan pendidikan di Amerika Serikat yang ada di Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar dan Malang.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
28o
Kurs